Jadi Tren Kuliner, Salted Egg Dibanderol Mulai Rp 20.000 Per Porsi

Penulis: Dini Hariyanti

10/1/2019, 15.00 WIB

Pada 2018, saus telur asin menjadi salah satu tren kuliner versi Go-Food. Sejumlah restoran membanderol relatif terjangkau, mulai dari Rp 20.000 per porsi.

Gerai Eatlah di Plaza Indonesia
Katadata/Desy Setyowati
Gerai Eatlah di Plaza Indonesia

Telur asin tidak asing di telinga sebagian penyuka kuliner. Masakan berbalut saus salted egg belakangan sedang hits. Layanan pesan antar Go-Food menyatakan, makanan berbumbu saus telur asin menjadi salah satu tren pada 2018.

Minat konsumen terhadap produk kuliner dilatarbelakangi berbagai faktor. Jika dilihat dari sisi keekonomian, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah harga. Sejumlah restoran membanderol menu saus telur asinnya relatif terjangkau, mulai dari Rp 20.000 per porsi.

Beberapa jenama kuliner yang menyajikan masakan berbalut saus dari kuning telur asin, contohnya Salt Inc, Eatlah, dan Warung Exito. Menu salted egg box Salt Inc dijual sekitar Rp 35.000 per porsi, salted egg chicken rice versi Eatlah seharga Rp 43.000, sedangkan salted egg skin dari Exito Rp 20.000. 

Berikut ini informasi lebih detil terkait sajian dari tiga restoran tersebut. (Baca juga: Peluang Bisnis Waralaba Kuliner Olahan Ayam Belum Jenuh

1. Salt Inc

Terdapat sekitar 16 variasi menu saus telur asin di Salt Inc, rata-rata dijual di atas Rp 30.000 per porsi. Sajian yang ada mengkolaborasikan cita rasa salted egg dengan lelehan keju mozarela lantas dituang di atas daging ayam goreng tepung.

Restoran yang berdiri sejak 2015 itu tersebar di beberapa lokasi di DKI Jakarta, seperti Kelapa Gading, Taman Permata Buana Puri Indah, dan Green Ville. Sejumlah sumber menyebutkan, sebagian besar pembeli Salt Inc menggunakan layanan pesan antar secara daring.

(Baca juga: Pengalaman Konsumen, Kunci Pebisnis Kuliner Daring Gaet Pelanggan

2. Eatlah

Eatlah memiliki menu saus telur asin lebih beragam tetapi khusus porsi perorangan tersedia dalam enam varian berkisar Rp 45.000. per porsi. Selain salted egg, Eatlah juga menyediakan opsi bumbu lain, yakni sambal dan brown butter.

Kini beroperasi 20 gerai Eatlah tersebar di DKI Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Sama seperti Salt Inc, penjualan Eatlah juga ditopang aplikasi ponsel. Dengan asumsi rerata penjualan mencapai 400 paket per hari, sebanyak 80% melalui layanan daring.

(Baca juga: Lewat Internet, Eatlah Populerkan Aneka Menu Bersaus Telur Asin

3. Warunk Exito

Berbeda dari Salt Inc dan Eatlah, Warunk Exito yang bermarkas di kawasan Tangerang Selatan sebetulnya tidak mengkhususkan diri menjual masakan berbumbu saus telur asin. Menu salted egg merupakan salah satu varian yang tersedia.

Apabila masakan salted egg lain dituang ke daging ayam goreng, maka Exito membalut saus ini di atas kulit ayam. Salted egg skin versi Warunk Exito juga bisa dipesan melalui aplikasi pesan antar daring sekitar Rp 20.000 per porsi tanpa nasi.

(Baca juga: Tren Makan Milenial Peluang Bisnis Buat Restoran Cepat Saji

Mengutip www.pegipegi.com, telur asin terbilang lumrah bagi masyarakat Asia terutama pada masakan chinese. Di Indonesia, makanan ini berkembang mulai 1950-an ketika pasangan suami istri In Tjiau Seng dan Tan Polan Nio membuka usaha telur asin pertama di Brebes. Sementara itu, tren saus telur asin berawal dari Singapura. Banyak menu dipadukan dengan bumbu ini lantas dibawa sebagai oleh-oleh ke Indonesia sepulang dari Negeri Singa.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha