Kendaraan Listrik Berpotensi Pangkas Impor BBM Rp 798 Triliun

Dimas Jarot Bayu
14 Januari 2019, 19:52
Mobil Listrik Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto dengan Mobil Listrik karya mahasiswa Institut 10 November

Penggunaan kendaraan bermotor listrik dinilai dapat menghemat keuangan negara hingga sebesar Rp 798 triliun. Nilai penghematan tersebut berasal dari penurunan nilai impor bahan bakar minyak (BBM).

"Berpotensi menghemat kurang lebih Rp 798 triliun," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/1).

Selain mampu menghemat keuangan negara, Jokowi menyebut kendaraan bermotor listrik menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Sebab, penggunaan listrik mengurangi pemakaian bahan bakar yang berasal dari fosil.

Oleh karena itu, Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur program kendaraan bermotor listrik perlu disiapkan dan segera diselesaikan. "Sehingga negara kita dapat berlari lebih cepat lagi menjadi pemain utama dalam kendaraan bermotor listrik," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta perencanaan dan pengembangan kendaraan bermotor listrik dapat dilakukan secara terpadu antarkementerian dan lembaga. Ia juga meminta swasta ikut dilibatkan dalam proses perencanaan dan pengembangan kendaraan bermotor listrik. "Baik dari sisi riset, inovasi, anggaran sampai dengan penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi meminta upaya pengembangan kendaraan bermotor listrik dapat menjadi momentum bagi Indonesia menyiapkan sumber daya manusia yang menguasai teknologi terkini. Dia pun meminta hal tersebut dapat menciptakan nilai tambah melalui upaya memperbesar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

(Baca: Jokowi Akan Gelar Rapat Perpres Kendaraan Listrik Hari Ini)

Indonesia sendiri menargetkan industri kendaraan bermotor listrik dapat mencapai 20% dari total produksi kendaraan bermotor pada 2025. Artinya, enam tahun mendatang ada 400 ribu mobil dan dua juta motor listrik yang diproduksi di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...