Berkah Tahun Politik, Tiket.com Optimistis Tumbuh 350%

Desy Setyowati
17 Januari 2019, 15:59
Tiket.com
Arief Kamaludin | Katadata

Tahun politik bisa menjadi berkah bagi agen tiket online. Tiket.com misalnya, optimistis bisa tumbuh 350% pada 2019 karena kebutuhan perjalanan biasanya meningkat selama masa kampanye jelang Pemilihan Umum (Pemilu).

"Kami juga alami di 2014, dan hasilnya ada pertumbuhan tinggi karena mobilisasi orang di masa kampanye jauh lebih besar,” kata Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa di Jakarta, Kamis (17/1).

Untuk itu, Tiket.com fokus meningkatkan transaksi dari lima daerah di luar DKI Jakarta yakni Surabaya; Medan; Makassar; Bandung; dan DI Yogyakarta karena potensi transaksi di kelima kota sangat besar.

Makassar misalnya, yang dianggap sebagai gerbang bagi perusahaan manapun yang ingin ekspansi ke wilayah timur Indonesia. Di sana, Tiket.com sudah meningkatkan kesadaran akan produknya di sana dari 40% awal 2018 menjadi 85% saat ini. Kemudian, Tiket.com mencatat bahwa penggunaan internet di Medan juga cukup tinggi.

(Baca: Traveloka Dikabarkan Akuisisi Pegipegi Lewat SPV di Singapura)

Bukan hanya memperluas pasar, Tiket.com juga akan mengembangkan layanan dan fitur. Namun, ia enggan menjelaskan secara spesifik layanan apa saja yang bakal dirilis pada 2019. "Tunggu waktu, prosedural, dan sistematis yang tepat saja (untuk merilis layanan tiket bus)," kata dia.

Ia juga akan meningkatkan transaksi melalui aplikasi dari 85% saat ini menjadi 90%. "Kami ada investasi di teknologi. Ada beberapa pilot project yang kami lakukan, tujuannya untuk menghasilkan pengalaman konsumen di Indonesia," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...