Makin Murah, Penggunaan PLTS Atap Mulai Digemari

Image title
23 Januari 2019, 13:17
Panel Surya PLN
Donang Wahyu|KATADATA
Petugas PLN mengecek panel surya di rumah pelanggan di Jalan Mangunsankoro, Menteng, Jakarta Pusat. Hingga saat ini sudah ada sejumlah pelanggan yang memanfaatkan panel surya dan melakukan barter energi listrik dengan PLN.

Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mengajukan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap terus meningkat setiap bulannya sejak tahun lalu. Salah satunya karena harga PLTS Atap semakin murah.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan PLTS Atap semakin murah karena perkembangan teknologi. “Sekarang sudah ada baterai. Semakin banyak yang beralih ke panel rooftop, harganya semakin murah,” kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (22/1).

Teknologi baterai itu bisa bermanfaat bagi rumah tangga. Jadi, jika siang, sumber listrik dari panel surya itu ditampung di baterai PLN. Lalu, malam hari bisa digunakan.

Adapun, hingga saat ini ada 609 pelanggan PLN yang menggunakan panel surya. Angka ini meningkat dari periode Januari 2018, yakni 338 pelanggan.

Sementara itu, sepanjang tahun 2018, jumlah pelanggan pun terus meningkat setiap bulannya. Periode Februari mencapai 351 pelanggan, Maret sebesar 372 pelanggan, April sebesar 399 pelanggan, Mei sebesar 414 pelanggan, Juni 426 pelanggan, Juli 458 pelanggan, Agustus 472 pelanggan, September 499 pelanggan, Oktober 524 pelanggan, November 553 pelanggan, Desember 592 pelanggan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...