Rangkul Pasar Ban Indonesia, Michelin Akuisisi 80% Saham Multistrada

Happy Fajrian
23 Januari 2019, 15:08
Michelin at 2018 Paris Motor Show
Michelin
Michelin pada perhelatan Paris Motor Show 2018.

Michelin mengumumkan akuisisi 80% saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) senilai US$ 439 juta atau setara Rp 6,2 triliun dengan asumsi nilai tukar Rp 14.100/per dolar. Akuisisi tersebut bertujuan memperkuat posisi Michelin pada pasar Indonesia.

Michelin menilai pasar Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, namun saat ini masing sangat didominasi oleh produsen lokal.

"Akuisisi Multistrada merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Michelin untuk memperluas jangkauan operasinya di Indonesia yang merupakan negara paling padat penduduk di Asia Tenggara," kata Chief Executive Officer (CEO) Michelin Group Jean-Dominique Senard dalam rilis pengumuman akuisisi, Selasa (22/1).

(Baca: Indonesia Akan Mulai Perundingan Perjanjian Dagang dengan Maroko)

Senard menambahkan, dengan mengakuisisi Multistrada, Michelin dapat langsung meningkatkan kapasitas produksinya dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing, tanpa harus membangun pabrik baru. Multistrada memiliki kapasitas produksi 180.000 ton ban, dengan penjualan bersih pada 2017 mencapai US$ 281 juta.

Michelin akan memanfaatkan keahlian teknisnya melalui investasi baru, dan secara bertahap meningkatkan produksi ban mobil penumpang tier 2 merk Michelin di Indonesia untuk memenuhi permintaan ban tier 2 di Eropa, Amerika Utara, dan di Asia. Dengan demikian, pabrik milik Michelin lainnya di Asia dapat fokus memproduksi ban tier 1.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...