Anak Usaha PLN Akuisisi 51% Saham Banyan Koalindo

Arnold Sirait
11 Januari 2019, 19:03
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

Anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) yakni  PT PLN  Batubara Investasi mengakuisisi kepemilikan saham  51% PT Banyan Koalindo Lestari (BKL).  Ini terungkap dari keterbukaan informasi Atlas di Bursa Efek Indonesia,Kamis (10/1).

Dalam keterbukaan informasi tersebut, PT Optima Persada Energi (OPE) dan PT Aquela Pratama Indonesia (API) menandatangani akta pengambilalihan saham dengan PT PLN Batubara Investasi pada 8 Januari 2019. OPE dan API merupakan perusahaan terkendali  PT Atlas Resources Tbk.

OPE memiliki saham Banyan sebesar 99,99%.  API juga memegang saham Banyak sebanyak 0,01%.  

Dengan akuisisi ini, PLN Batubara Investasi kini menjadi pengendali di Banyan dan memegang saham seri B. Sedangkan saham seri A dipegang Optima Persada Energi dan Aquela Pratama Indonesia.

Di keterbukaan tersebut juga terungkap pada 24 Agustus 2018, Atlas setuju memberikan pendanaan ke PLN Batubara Investasi untuk investasi di perusahaan terkendali. “Pendanaan akan diberikan Atlas pada tanggal efektifnya PT PLN Batubara Investasi sebagai pemegang saham pada perusahaan terkendali  Atlas, salah satunya BKL, dengan ditandatanganinya akta pengambilalihan saham BKL, pada tanggal 8 Januari 2019,” dikutip dari keterbukaan informasi, Jumat (11/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...