Anak Usaha PLN Akuisisi 51% Saham Banyan Koalindo

Penulis: Arnold Sirait

11/1/2019, 19.03 WIB

PT PLN Batubara Indonesia pun mendapatkan pendanaan dari Atlas.

Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

Anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) yakni  PT PLN  Batubara Investasi mengakuisisi kepemilikan saham  51% PT Banyan Koalindo Lestari (BKL).  Ini terungkap dari keterbukaan informasi Atlas di Bursa Efek Indonesia,Kamis (10/1).

Dalam keterbukaan informasi tersebut, PT Optima Persada Energi (OPE) dan PT Aquela Pratama Indonesia (API) menandatangani akta pengambilalihan saham dengan PT PLN Batubara Investasi pada 8 Januari 2019. OPE dan API merupakan perusahaan terkendali  PT Atlas Resources Tbk.

OPE memiliki saham Banyan sebesar 99,99%.  API juga memegang saham Banyak sebanyak 0,01%.  

Dengan akuisisi ini, PLN Batubara Investasi kini menjadi pengendali di Banyan dan memegang saham seri B. Sedangkan saham seri A dipegang Optima Persada Energi dan Aquela Pratama Indonesia.

Di keterbukaan tersebut juga terungkap pada 24 Agustus 2018, Atlas setuju memberikan pendanaan ke PLN Batubara Investasi untuk investasi di perusahaan terkendali. “Pendanaan akan diberikan Atlas pada tanggal efektifnya PT PLN Batubara Investasi sebagai pemegang saham pada perusahaan terkendali  Atlas, salah satunya BKL, dengan ditandatanganinya akta pengambilalihan saham BKL, pada tanggal 8 Januari 2019,” dikutip dari keterbukaan informasi, Jumat (11/1).

Tak hanya akuisi saham BKL, Atlas pun mengumumkan peralihan saham PT Sriwijaya Bara Logistic dan PT Mitra Musi Jaya. Akusisi itu terlaksana pada 8 Januari 2019 melalui penandatangan PT Sriwijaya Muba Logistic dan PT Aquela Pratama Indonesia.

PT Sriwijaya Muba Logistic dan PT Aquela Pratama Indonesia merupakan perusahaan terkendali Atlas dan pemegang saham Sriwijaya Bara Logistic. Sriwijaya Muba Logistic memiliki 99% saham Sriwijaya dan Aquela hanya 1%. Sriwijaya Muba Logistic juga memiliki 99% saham Mitra Musi Jaya sisanya dipegang Aquela.  

(Baca: PLN Kantongi Restu Pemerintah Miliki Tambang Batubara)

Dengan akusisi tersebut, maka saham Sriwijaya Bara Logistic terbagi menjadi dua. Pertama, saham serie A yang dipegang Sriwijaya Muba Logistic sebesar 74,18% dan Aquela sebesar 0,22%. Kedua, saham serie B yang dipegang PLN Batubara sebesar 25,60%.

Di Mitra Musi Jaya, PLN Batubara Investasi juga memiliki sahamSeri  B sebesar 25,60%. Saham seri A dipegang Sriwijaya Muba Logistic 73,81% dan 0,59% dimiliki Aquela.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha