Jelang Pilpres, Investor Khawatirkan Ekonomi Global Daripada Politik

Happy Fajrian
30 Januari 2019, 14:13
Katadata KIC
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Damhuri Nasution (kanan) selaku Kepala Danareksa Research Institut dalam acara mengenai paparan survei Katadata Investror Confidence Index (KICI) bersama Katadata di Jakarta, Selasa (30/1).

Hasil survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) menunjukkan investor lebih mengkhawatirkan kondisi perekonomian global dibandingkan kondisi keamanan dan politik dalam negeri. Investor menilai risiko dari ekonomi global yang melambat seiring dengan perang dagang dan normalisasi kebijakan moneter paling besar mempengaruhi keputusan investasi mereka.

Menurut hasil survei KICI, gejolak perekonomian global menjadi perhatian utama responden. Namun mereka tetap optimistis terhadap prospek usahanya saat ini dan untuk tiga bulan ke depan.

Kekhawatiran investor terhadap perkembangan ekonomi global mencapai 40,1% mengalahkan kekhawatiran terhadap risiko pasar modal lainnya yaitu faktor keamanan dalam negeri 20,3%, politik dalam negeri 25,6%, serta geopolitik internasional 9,9%. Kondisi perekonomian dalam negeri menjadi urutan buncit terkait risiko yang mempengaruhi kondisi pasar modal yaitu hanya 4,1%.

(Baca: Pilpres Mampu Pengaruhi Investor Asing di Pasar Modal)

"Meski menghadapi pilpres (pemilihan presiden), faktor politik memang tidak terlalu dikhawatirkan oleh investor seperti halnya kondisi ekonomi global," kata salah satu Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC) Wahyu Prasetyawan, Rabu (30/1).

Hasil survei KICI menunjukkan bahwa 66,3% responden menyatakan kondisi politik saat survei dilakukan masih kondusif. Begitupun untuk tiga bulan ke depan, meski menurun, namun 54% responden menyatakan bahwa kondisi politik domestik masih stabil dan sangat stabil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...