Jalan Tol Bakaheuni-Terbangi Besar akan Beroperasi Mulai Februari

Image title
31 Januari 2019, 21:53
Trans Sumatera
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Kendaraan melintas di lokasi pembangunan pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi II Ruas Sidomulyo-Kota Baru di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan, Lampung.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan proyek Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar  yang dibangun PT Hutama Karya (Persero), ditargetkan beroperasi pada Februari ini. Menurutnya, saat ini perkembangan pembangunannya saat ini cukup positif.

"Akan dilaporkan pada Bapak Presiden (Joko Widodo) untuk dapat diresmikan dan segera bisa dimanfaatkan untuk konektivitas di wilayah Lampung, khususnya dan Sumatera umumnya," kata Rini dalam siaran pers terkait kunjungannya ke lokasi pembangunan ruas tol tersebut, Kamis (31/1).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, kontruksi fisik jalan tol sepanjang 140,9 km tersebut sudah selesai sehingga bisa segera dioperasikan. “Rencananya, akan terdapat 12 tempat istirahat dan pelayanan (TIP) jalan tol atau rest area yang akan dioperasikan di sepanjang jalan tol Bakauheni-Terbanggi,” kata Bintang.

(Baca: BUMN akan Bentuk Joint Venture Investment Fund dengan Macquire Group)

Sebelumnya, beberapa segmen di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah diresmikan Presiden RI pada 20 Januari 2018 lalu. Ruas-ruas tersebut berada di paket 1 Bakauheni-Sidomulyo segmen Pelabuhan Bakauheni sampai Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km dan di paket 2 Sidomulyo-Kotabaru segmen SS Lematang sampai SS Kotabaru sepanjang 5,6 km. Dengan demikian, total ruas yang diresmikan dan beroperasi tahun lalu adalah 14,5 km.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...