Sesi I IHSG Naik 0,28% Ditopang Dana Asing dan Inflasi yang Terkendali

Happy Fajrian
1 Februari 2019, 14:06
Bursa saham
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Beberapa siswa berfoto dengan latar pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (24/2).

Mengakhiri perdagangan saham sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (1/2), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 0,28% ke posisi 6.551,06. Pembelian bersih saham oleh investor asing serta fundamental ekonomi domestik yang stabil dengan inflasi Januari yang terkendali menjadi sentimen positif yang menggerakkan bursa.

Investor asing siang ini membukukan pembelian bersih saham senilai Rp 280,02 miliar. Saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) masih menjadi saham yang paling diburu oleh investor asing dengan pembelian bersih mencapai Rp 122,9 miliar. Sejak merilis laporan kinerjanya beberapa hari lalu, saham BRI terus menjadi buruan investor asing.

Sementara itu Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan inflasi pada bulan Januari 2019 pada level 0,32% atau 2,82% secara tahunan. Tingkat inflasi ini merupakan yang terendah untuk periode yang sama dalam tiga tahun terakhir. Dengan inflasi yang terjaga menunjukkan fundamental ekonomi nasional yang stabil.

(Baca: Aura Damai AS-Tiongkok, IHSG dan Bursa Asia Dibuka Meningkat)

Kepala BPS Suhariyanto menilai inflasi rendah pada awal tahun ini sebagai capaian yang bagus. “Mudah-mudahan ke depan semakin terkendali," kata dia dalam Konferensi Pers di kantornya, Jumat (1/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...