Pernah Jadi Penjaga Warnet, CEO Tokopedia Bagikan Tips Sukses

Desy Setyowati
2 Februari 2019, 06:00
IED 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Rudy Tandjung bergabung PT Bank DBS Indonesia (DBSI) selaku direktur Strategy & Planning DBS Indonesia (kiri), William Tanuawijaya selaku founder Tokopedia (kiri) dan Metta Dharmasaputra selaku Chief Executive Officer Katadata dalam acara Indonesia Economi Day 2019 (IED 2019) di Hotel Mulia, Jakarta (31/1).

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan valuasi yang disebut-sebut mencapai US$ 7 miliar atau sekitar Rp 102,2 triliun. Tapi, kesuksesan itu bukan hasil kerja instan. Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya tidak terlahir kaya raya.

William yang lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, 37 tahun lalu merantau ke Jakarta setelah lulus SMA bersama ayah dan pamannya. Baru dua tahun kuliah Universitas Bina Nusantara, ayahnya jatuh sakit sehingga William harus mencari pekerjaan sampingan.

Advertisement

"Jadi saya bekerja sebagai operator warnet (warung internet), bekerja hingga jam 9 malam," ujar dia dalam Indonesia Economic Day 2019 yang diselenggarakan oleh DBS dan Katadata di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (31/1).

Di warnet itulah ia menyadari bahwa internet bisa menghubungkan semua orang. Internet bisa memberi akses bagi seseorang sepertinya yang lahir di kota kecil untuk memulai bisnis. Ia pun ingin agar toko kelontong milik sang paman yang turut membiayai pendidikannya bisa berkembang lewat internet.

(Baca: Tak Mau Seperti Amazon, Tokopedia Pilih Rangkul UMKM)

Kondisi itulah yang memunculkan ide untuk mendirikan Tokopedia pada 2009. "Saya ingin platform seperti Tokopedia lahir, maka masyarakat Indonesia di manapun mendapat akses yang sama. Tokopedia bisa mengubah hidup masyarakat Indonesia," ujarnya.

Perjalanan William untuk membangun Tokopedia tidak mudah. Ia pun membagikan tips untuk memulai dan menjalankan bisnis meski banyak hambatan. Salah satunya, pola pikir (mindset) untuk mau terus berjuang.

Di Tokopedia, ia pun menekankan pola pikir ini kepada para karyawannya. "Fix mindset, percaya kecerdasan itu dari lahir. Tetapi, growth mindset, percaya kecerdasan bisa di bangun," ujar dia

Selain itu, setiap anak muda harus percaya diri. Caranya, belajar dan terus berusaha keras untuk mencapai target yang lebih tinggi. "Berusaha mengalahkan rekor diri sendiri. Terobsesi pada diri sendiri. Hari ini harus lebih baik dari kemarin," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement