Anggap Jokowi Sebar Hoaks, BPN Prabowo: Kami Gunakan Konsultan Lokal

Ameidyo Daud Nasution
4 Februari 2019, 20:34
Pendaftaran Capres Cawapres Pilpres 2019
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Prabowo Subianto menyapa pendukungnya seusai pendaftaran Capres dan berorasi diluar gedung KPU Pusat, Jakarta, Jumat (10/08)

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membantah tudingan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut kubu lawan menggunakan konsultan asing untuk menebar kabar bohong (hoaks). BPN Prabowo-Sandiaga mengaku menggunakan konsultan lokal dalam kampanye Pilpres 2019.

"Kami hanya memakai (konsultan) lokal, dari internal kami," kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade ketika dikonfirmasi Katadata mengenai pernyataan Jokowi, di Jakarta, Senin (4/2). Meski demikian, Andre menolak mengungkapkan lebih detail tentang siapa konsultan lokal yang digunakan BPN Prabowo-Sandi tersebut.

Andre juga mengatakan, pernyataan Jokowi yang menyebut Prabowo-Sandiaga menggunakan konsultan asing itu merupakan hoaks, fitnah, dan tuduhan keji. Lebih lanjut, Andre membantah nama Rob Allyn berada di balik kampanye pasangan nomor urut 02. Allyn merupakan bagian dari tim pemenangan Prabowo dalam Pilpres 2014. Bahkan, Allyn pernah menjadi bagian dari tim Jokowi ketika berlaga dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 ketika ia berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama.

Politisi Gerindra tersebut menganggap Jokowi berada dalam tekanan dan panik sehingga memunculkan tuduhan tersebut kepada kubu Prabowo-Sandiaga. Pasalnya, mantan Wali Kota Solo tersebut takut mengalami kekalahan dalam Pilpres yang akan berlangsung 17 April mendatang. "Kami prihatin dan memaklumi kalau beliau sedang stress," kata dia.

Jokowi di sela-sela kunjungannya di Jawa Tengah menuding ada kandidat lain yang menggunakan konsultan asing dalam Pilpres 2019. Konsultan asing itu menebar kabar bohong (hoaks) agar masyarakat meragukan kinerja pemerintah.

Strategi ini, lanjut Jokowi, mengadopsi 'propaganda Rusia' untuk memenangkan kontestasi politik. Ia menyebut propaganda Rusia yang ditiru konsultan tersebut dilakukan dengan menyebarkan kabar bohong sebanyak-banyaknya. Ini ditujukan agar masyarakat menjadi ragu atas kinerja pemerintah selama ini. "Yang dipakai konsultan asing," kata Jokowi kemarin.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...