Dibuka Naik 0,07%, Potensi Eskalasi Perang Dagang Warnai Laju IHSG

Happy Fajrian
4 Februari 2019, 11:20
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (4/2), naik tipis 0,07% ke level 6.543,22. Namun, hingga berita ini dibuat, IHSG telah turun ke zona merah, level 6.513,57 atau terkoreksi 0,38%.

Sementara itu, bursa saham Asia lainnya menunjukkan kinerja yang bervariasi. Indeks Strait Times terkoreksi tipis 0,05%, PSEi terkoreksi 0,61%. Lainnya, indeks Hang Seng dibuka pada zona merah namun saat ini sudah kembali hijau 1,30%, Nikkei naik 0,47%, dan KLCI naik 0,38%.

Pergerakan bursa saham di Asia masih dipengaruhi hasil perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Sementara ini, ada aura positif dari Tiongkok yang telah bersedia untuk meningkatkan impor komoditas pertanian dari AS.

Namun, diberitakan oleh Reuters bahwa pihak AS belum sepenuhnya puas dengan Tiongkok, terutama terkait isu-isu yang lebih besar seperti regulasi yang memaksa perusahaan AS yang beroperasi di TIongkok melakukan transfer teknologi.

(Baca: IHSG Berpotensi Lewati Level Tertinggi Sepanjang Masa Pekan Ini)

Penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan bahwa pihak AS masih belum siap untuk meneken kesepakatan. Kesediaan TIongkok meningkatkan impor pertanian dari AS dinilai sebagai gestur yang sangat baik dari pihak Tiongkok, namun masih ada isu-isu besar yang belum menemukan titik temu antara pihak AS dan Tiongkok.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...