Dapat Modal Rp 35 Miliar, Akseleran Siap Merambah Kredit Konsumtif

Desy Setyowati
7 Februari 2019, 14:23
Akseleran
Akseleran
Tim Akseleran di Jakarta, Kamis (7/2).

Perusahaan financial technology (fintech) pinjam-meminjam PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) baru saja memeroleh tambahan modal sebesar US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 35 miliar. Akseleran menargetkan putaran pendanaan ini bisa mencapai US$ 7,5 juta atau sekitar Rp 105 miliar.

"Kami targetkan pendanaan ini ditutup pada akhir Maret atau April 2019," kata Co-Founder & CEO Akseleran Ivan Nikolas Tambunan di Jakarta, Kamis (7/2).

Dana segar itu didapat dari investor yang bergerak di bidang perbankan, modal ventura, perusahaan pembiayaan (leasing) dari dalam dan luar negeri. Investor asing itu berasal dari Singapura, Amerika Serikat (AS), dan Swiss. Ia memperkirakan, investor dari Jepang dan Tiongkok akan turut serta dalam pendanaan seri A ini.  "Mayoritas dari lokal dan pendiri masih memiliki kontrol," ujarnya.

(Baca: Pengguna Tumbuh 10 Kali Lipat, Traveloka Perluas Layanan Cicilan)

Sejalan dengan hal itu, Akseleran mulai memperluas bisnisnya dengan merilis kredit konsumtif (consumer loan). Pada Januari 2019, Akseleran menggandeng Bess Finance, untuk merilis layanan consumer loan ini. Akseleran membeli pinjaman kendaraan bermotor atau eksisting dari Bess Finance.

Pada Kuartal I-2019 ini juga Akseleran akan menggandeng perusahaan lain, untuk menyediakan produk pinjaman untuk karyawan (employe loan). Untuk menyediakan produk ini perusahaannya akan fokus pada pemberi kerja guna meminimalkan risiko. "Jadi kalau tidak bisa hayar, gajinya bisa ditahan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...