Penjualan E-Commerce Diklaim Naik 70% Saat Imlek

Desy Setyowati
8 Februari 2019, 17:21
Telaah - E-commerce
Stanisic Vladimir/123rf

Platform agregator penunjang gaya hidup Shopback mencatat, transaksi di e-commerce naik 70% saat Imlek dibanding hari biasanya. Pengeluaran konsumen untuk berbelanja di e-commerce saat Imlek 2019 pun naik 50% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengatakan, peningkatan transaksi saat Imlek pada 2018 hanya 55-60% dibanding hari biasa. Artinya, pertumbuhan selama Imlek di 2019 meningkat 10-15% dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja masyarakat di e-commerce saat imlek sekitar Rp 746 ribu per orang di 2019. "Pengeluaran itu naik 50% dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 480 ribu," kata Indra dalam siaran pers, Jumat (8/2).

(Baca: BPS Sebut Harbolnas Turut Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi 2018)

Menurutnya, kenaikan volume transaksi di e-commerce ditopang oleh beragam kegiatan promosi seperti potongan harga dan uang kembali (cashback). “Beberapa e-commerce juga ada yang memberikan promo gajian atau festival belanja online di tanggal cantik, seperti festival belanja 2.2 kemarin," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...