Di Tengah Perang Dagang, Ekspor CPO Astra Agro Tumbuh 300%

Pingit Aria
15 Februari 2019, 23:40
Buah Sawit
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Pekerja memperlihatkan biji buah sawit di salah satu perkebunan sawit di Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi barat, Sabtu (25/3). Menurut pedagang pengepul di daerah tersebut, harga sawit mengalami penurunan dari harga Rp1.400 menjadi Rp1.000 per kilogram akibat kualitas buah tidak terlalu bagus.

Ekspor sawit Indonesia menghadapi berbagai tantangan, dari kampanye negatif di Uni Eropa, tingginya bea masuk di India, hingga isu perang dagang. Namun, PT Astra Agro Lestari Tbk tetap mencatatkan kenaikan ekspor hingga 300% sepanjang tahun lalu.

Ekspor emiten AALI ini melonjak dari 83 ribu ton di tahun 2017 menjadi 375 ribu ton pada 2018. “Anda lihat, Eropa keras terhadap sawit, tapi mereka tetap beli karena memang tidak ada (minyak nabati lain) yang lebih produktif,” kata Presiden Direktur Astra Agro, Santosa di Bandung, Jumat (15/2) malam.

Advertisement

Tingginya pajak impor yang ditetapkan India pun tak merisaukannya. Sebab, pada saat yang sama, ekspor bisa dilakukan melalui negara tetangga.

Hal ini tampak dari data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), saat ekspor minyak sawit Indonesia ke India turun 12% dari 7,63 juta ton pada 2017 menjadi 6,71 juta ton pada 2018, pengiriman ke Bangladesh naik 16%, dan Pakistan 12%.

(Baca juga: Pemerintah Buka Peluang Peningkatan Ekspor ke Lima Negara Eurasia

Seperti diketahui, bea masuk produk turunan CPO dari Indonesia di India mencapai 50%. Sementara untuk pengiriman dari Malaysia hanya dikenakan bea masuk sebesar 45%.

Pola yang sama, menurut Santosa, tampak dalam ‘perang dagang’ antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Saat Tiongkok mengurangi impor kedelai dari AS, pengiriman dari Brasil justru meningkat. Padahal, Brasil juga memasok kedelai dari AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement