JK Minta Masyarakat Tak Corat-Coret dan Tepat Waktu Gunakan MRT

Ameidyo Daud Nasution
20 Februari 2019, 16:04
Jusuf Kalla Kunjungi MRT
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) rute Bundaran HI - Lebak Bulus, Jakarta (20/2).

Moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta atau yang disebut sebagai Ratangga segera beroperasi. Masyarakat diimbau untuk disiplin ketika menggunakan transportasi umum tersebut, tidak mencorat-coret dan tertib mengantre.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan moda transportasi MRT Jakarta akan membuat masyarakat DKI Jakarta belajar berdisiplin. Hal ini dikatakan Kalla usai menjajal transportasi teranyar tersebut bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

Menurutnya, moda ini memiliki dua hal yang menjamin warga berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi massal. Pertama, kenyamanan dan keamananan. Kedua, dalam hal ketepatan waktu. "Jangan corat-coret, tepat waktu. Ini juga mengantre," kata Kalla di stasiun Bunderan HI, Jakarta, Rabu (20/2).

MRT yang menghubungkan Bundaran HI dengan Lebak Bulus rencananya akan beroperasi bulan depan. Kalla juga menambahkan, pada Maret mendatang pembangunan MRT fase kedua yang menghubungkan Bunderan HI-Kampung Bandan akan dimulai. "Kami terlambat membangun, harusnya tahun 1990-an," kata Kalla.

(Baca: Jualan di Stasiun MRT, UMKM Kreatif Wajib Sewa Rp 1,3 juta per Bulan)

Kalla juga menyebut keberadaan rel MRT sepanjang 16 kilometer saat ini belum cukup. Kalla menargetkan dalam sepuluh tahun ke depan harus ada minimal 200 kilometer rel MRT yang beroperasi di wilayah Ibu Kota dan penyangganya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...