Banyak Sentimen Pendukung, IHSG Hari Ini Berpotensi Naik

Happy Fajrian
21 Februari 2019, 11:16
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka naik 0,07% ke level 6.517,26 pada perdagangan saham pagi ini, Kamis (21/2), jelang pengumuman suku bunga acuan Bank Indonesia (BI), BI 7 days repo rate.

Sementara itu bursa saham di Asia lainnya hari ini mayoritas bergerak turun, hanya indeks Shanghai dan Hang Seng yang mengalami kenaikan, yaitu Shanghai naik 1,48% dan Hang Seng aik 0,36%. Lainnya, Straits Times koreksi 0,04%, Nikkei turun 0,13%, PSEi turun 0,51%, KLCI turun 0,09%, dan Kospi turun 0,02%.

Pergerakan IHSG dan bursa Asia pagi ini dipengaruhi hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC) The Federal Reserve yang menjelaskan bahwa walaupun The Fed telah menyatakan akan menahan laju kenaikan suku bunga acuannya, Fed Fund Rate (FFR), tahun ini, mereka menyatakan akan terus memantau perkembangan di pasar. Jika risiko-risiko pelemahan ekonomi AS dan global mereda, tak menutup kemungkinan The Fed akan kembali menaikkan FFR.

"Risalah sebagian besar menggemakan pernyataan hati-hati The Fed dari pertemuan terakhirnya. Saya merasakan bahwa suku bunga ditahan sampai akhir tahun ini. Tetapi The Fed bisa berhenti menutup pintu untuk kenaikan suku bunga tahun ini jika pertumbuhan risiko-risiko pelemahan mereda," kata analis pasar senior di Western Union Business Solutions di Washington, seperti dikutip Reuters.

(Baca: Seluruh Bursa Asia Kompak Meningkat, IHSG Naik 0,28%)

Selain itu investor masih terus memantau perkembangan perundingan dagang Amerika Serikat (AS)-Tiongkok yang saat ini tengah berlangsung di Washington. Tarif atas impor dari Tiongkok senilai US$ 200 miliar dijadwalkan naik menjadi 25% dari 10% pada 2 Maret, jika dua ekonomi terbesar dunia itu tidak menyelesaikan perselisihan perdagangan mereka.

Namun, Presiden AS Donald Trump telah menyatakan beberapa kali bahwa ia terbuka untuk menunda tenggat waktu. Trump mengatakan pada Selasa (19/2) bahwa perundingan perdagangan dengan Tiongkok berjalan baik dan menyatakan dia terbuka untuk mendorong tenggat waktu guna menyelesaikan negosiasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...