Incar Penurunan Tarif Sawit, RI Siap Buka Pasar Gula dari India

Michael Reily
25 Februari 2019, 11:11
Gula
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Para pekerja menata gula hasil penyerapan di Gudang Bulog Divre Jatim, Sidoarjo, Jawa Timur, 20 April 2017.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kembali meyakinkan India untuk menurunkan bea masuk minyak kelapa sawit olahan asal Indonesia. Sebagai gantinya, pemerintah mengimingi India dengan membuka impor gula mentah sebagaimana yang telah dibahas sejak Juli 2018.

India masih mengenakan tarif minyak kelapa sawit olahan (RBDPO) Indonesia sebesar 50%. Pengenaan tarif ini lebih tinggi 5% daripada Malaysia yang telah memiliki perjanjian dagang bilateral. Oleh karena itu, pemerintah meminta sawit  Indonesia dikenakan tarif yang sama melalui skema ASEAN-India Free Trade Agreement.

 "Sebagai imbalan penurunan tarif, kami bersedia membuka akses pasar untuk gula mentah yang dibutuhkan oleh industri nasional," ujarnya.

(Baca: Saingi Malaysia, RI Berupaya Minta Pengurangan Tarif Sawit ke India)

Enggar bertemu Menteri Perdagangan, Perindustrian, dan Penerbangan Sipil India Suresh Prabu dalam agenda pertemuan bilateral di New Delhi, India, Jumat (22/2). Menurut Enggar, kualitas gula India yang bagus mampu bersaing di pasar internasional.

"Gula mentah India dapat dijadikan sebagai salah satu sumber impor untuk pasokan produk gula mentah yang selama ini berasal dari Thailand dan Australia,” katanya dalam keterangan resmi Kementerian Perdagangan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...