Inalum Sebut Dua Keuntungan dari Akuisisi Freeport

Image title
27 Februari 2019, 19:33
Freeport Inalum
. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/
Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium Budi Gunadi (kanan) bertukar nota pendahuluan perjanjian dengan Presiden Direktur Freeport McMoran, Richard Adkerson, terkait pokok-pokok kesepakatan divestasi saham PT Freeport Indonesia di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (12/7). Perjanjian antara PT Freeport McMoran dan Inalum tersebut mencakup perpanjangan operasi 2 x10 tahun hingga 2041, pembangunan smelter dan stabilitas finansial divestasi saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia menjadi sebesar 51 persen.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) mengklaim ada dua keuntungan dari pembelian 51 % saham PT Freeport Indonesia, baik dari segi finansial dan manajemen.

Head of Corporate Communications and Government Relations Inalum Rendi Achmad Witular mengatakan laba bersih Freeport pada periode 2023-2041 akan sekitar US$ 2 miliar per tahun.

(Baca: Cadangannya 1,8 Miliar Ton, Tambang Freeport Bisa Produksi Hingga 2051)

"Perusahaan memiliki 51 % saham maka dalam periode tersebut diproyeksikan mendapat laba bersih US$ 18 miliar per tahun dari Freeport," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (27/2).

Dari sisi manajemen, Inalum akan memiliki pengaruh besar di Freeport. Perseoran berhak menentukan besaran dividen, anggaran dasar, serta menentukan dewan komisaris dan direksi.

(Baca: Utang Inalum Membengkak 5 Kali Lipat Usai Akuisisi Freeport)

Namun, menurut Rendi, saat ini yang terpenting bukan menempatkan orang Inalum di Freeport, tapi memastikan peralihan dari tambang terbuka (open pit) ke bawah tanah (underground) di tambang emas dan tembaga Grasberg, Papua, berjalan lancar.

(Baca: Inalum Tak Akan Terima Dividen dari Freeport Selama Dua Tahun)

Saat ini masa transisi sedang berlangsung. Produksi dan pendapatan Freeport akan menurun. Produksinya menyusut dari 2,1 juta ton pada 2018 menjadi 1,2 juta ton tahun ini. Pendapatannya merosot dari US$ 6,5 miliar menjadi US$ 3,1 miliar pada 2019.

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...