Nasib Proyek Kilang RDMP Cilacap Masih Menggantung

Image title
1 Maret 2019, 17:21
kilang cilacap
Katadata
Kilang Cilacap

Hingga saat ini nasib investasi di Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Cilacap belum juga mendapatkan kejelasan dari Saudi Aramco. Malah, perusahaan asal minyak asal Arab Saudi tersebut berencana mengucurkan investasi sebesar US$ 10 miliar atau setara Rp 140 triliun untuk pengembangan kilang minyak di Tiongkok.

Dikutip dari CNBC Internasional, pekan lalu, Saudi Aramco baru saja meneken perjanjian pembentukan joint venture  dengan perusahaan  asal Tiongkok yaitu Norinco. Kerja sama ini untuk pengembangan proyek kilang di Kota Panjin, Tiongkok. 

Advertisement

(Baca: Tenggat Habis, Sikap Saudi Aramco di Kilang Cilacap Belum Jelas)

Aramco dan Norinco, bersama dengan Panjin Sincen, akan membentuk perusahaan baru bernama Huajin Aramco Petrochemical Co. Pembentukan usaha patungan ini sebagai bagian dari proyek yang akan mencakup kilang 300 ribu barel per hari (bpd) dengan cracker ethylene 1,5 juta metrik ton per tahun (mmtpa).

Terkait hal ini, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar belum bisa banyak berkomentar. Menurutnya terkait kilang Cilacap, lebih tepatnya ditanyakan ke pihak Pertamina. "Kalau itu tanya ke Pertamina," ujarnya di Kementerian ESDM, Jumat (1/3). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement