Gubernur BI: Infrastruktur Dorong Ekonomi Tumbuh 6% dalam Lima Tahun

Rizky Alika
4 Maret 2019, 13:42
Infrastruktur Tol Salatiga
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Proses pembangunan infrastruktur di Solo. Gubernur Bank Indonesia (BI) menyebut pembangunan infrastruktur akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi 6%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pembangunan infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi hingga 6%. Namun, dampak tersebut tidak akan langsung terlihat dalam waktu dekat.

"Dampak dari infrastruktur dalam lima tahun akan terlihat. Efisiensi, produktivitas, dan distribusi logistik akan berkembang karena konektivitas bagus. Kalau ada kontinuitas ini, (pertumbuhan) kita akan bergerak menuju 6%," kata Perry dalam forum RSM Morning Briefing Session di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (4/3).

(Baca: Pengusaha: Keberadaan Infrastruktur Belum Turunkan Ongkos Logistik)

Lebih lanjut Perry menyatakan pertumbuhan ekonomi saat ini belum tumbuh kencang karena ketidakpastian global yang masih berlangsung. Oleh karena itu, Perry memperkirakan pertumbuhan akan berkisar pada 5-5,4% dengan titik tengah 5,2%.

Secara rinci, pertumbuhan ekonomi tahun ini akan didorong oleh konsumsi rumah tangga yang cukup tinggi lantaran adanya pemilihan umum (pemilu). Konsumsi rumah tangga pada tahun ini diperkirakan mencapai 5,1-5,5%. Di sisi lain, konsumsi pemerintah diperkirakan pada kisaran 2,7-3,1%.

Sementara, investasi dan ekspor diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Investasi diproyeksikan pada kisaran 6,4-6,9% yang didorong oleh penanaman modal asing (PMA) masuk. Sementara, ekspor diperkirakan tumbuh 6,8-7,2%. Dari sisi impor, pertumbuhan diperkirakan akan lebih lambat menjadi 6,9-10,3%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...