Facebook Catat 39% Pengguna Akun Bisnisnya adalah Perempuan

Cindy Mutia Annur
8 Maret 2019, 17:18
Kantor Facebook
123RF.com
Pengusaha perempuan Indonesia yang bergabung di Facebook, sebagian besar mengatakan bahwa media sosial sangat membantu perkembangan bisnis mereka.

Hasil riset Facebook menunjukkan, 39% dari pengguna akun bisnis di platformnya adalah perempuan. Menurut Country Director Facebook di Indonesia Sri Widowati, hal ini menunjukkan bahwa perempuan paham cara memanfaatkan media sosial untuk mendapat penghasilan.

Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 90 juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di 95 negara, yang menggunakan Facebook. “Ini (media sosial) memudahkan generasi baru pengusaha perempuan dan bisnis yang dikelola oleh perorangan untuk naik ke tingkat global, dengan memanfaatkan kekuatan komunitas dan percakapan di media sosial,” ujar dia melalui siaran pers, Jumat (8/3).

Advertisement

Di Indonesia, 90% pengusaha perempuan yang bergabung di Facebook mengatakan bahwa media sosial sangat membantu perkembangan bisnis mereka. Bahkan, 80% pengusaha perempuan di Facebook mendapat panutan lewat platform ini. “Sebanyak 60% di antaranya menjadikan perempuan lainnya sebagai panutan,” ujarnya.

Namun, perempuan yang berbisnis di Facebook di Indonesia masih menghadapi persoalan yang signifikan dalam hal pendanaan. Sebanyak 40% pengusaha perempuan di Facebook memulai bisnis menggunakan tabungan pribadi. “Satu dari lima di antaranya masih memiliki utang di bank atau penyedia kredit lainnya,” kata dia.

(Baca: Terkendala Modal, Wirausaha Perempuan Sulit Berkembang)

Padahal, berdasarkan studi dari McKinsey Global Institute, perempuan di Asia Pasifik yang menerima kesempatan yang setara di dunia kerja berpeluang meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) di wilayah tersebut. Besaran PDB tersebut setara dengan nilai ekonomi Jerman dan Austria setiap tahunnya.

Untuk itu, menurutnya koneksi dan program bimbingan bisa membantu pengusaha perempuan untuk mewujudkan mimpi. Sejalan dengan hal itu, Facebook menggelar program #SheMeansBusiness untuk membantu para perempuan agar dapat naik kelas dalam berbisnis.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement