Menteri Basuki Samakan MRT Jakarta dengan Jepang

Image title
13 Maret 2019, 18:12
Jusuf Kalla Kunjungi MRT
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang petugas MRT berada di dalam gerbong MRT di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai MRT Jakarta sama bagusnya dengan MRT di Singapura dan Jepang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjajal Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dari Stasiun Sisingamangaraja yang melayani koridor Utara-Selatan hingga Stasiun Bundaran Hotel Indonesia. Ia menyebut MRT Jakarta memiliki fasilitas yang baik layaknya MRT di Singapura atau di Jepang.

"Saya kira ini seperti MRT yang ada di Singapura atau di Jepang. Karena lebih bersih, ini yang harus keras diterapkan," kata Basuki, di Jakarta, Rabu (13/3).

Proyek MRT juga akan dilanjutkan dari Bunderan HI-Jakarta Kota dan Jakarta Kota-Kampung Bandan, Jakarta Utara. Menurutnya, manfaat keberadaan MRT akan lebih terasa jika telah menjangkau Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Ia menambahkan, pemerintah tak perlu memaksa masyarakat untuk menggunakan moda transportasi ini. Dengan sosialisasi dan edukasi, MRT akan diminati oleh masyarakat. Seperti halnya hunian apartemen yang dahulu kurang populer tetapi saat ini semakin diminati masyarakat. "Contohnya apartemen, sebelumnya masyarakat tidak terpikirkan untuk tinggal disana. Tapi sekarang sudah mulai banyak," kata dia.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, MRT Jakarta akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan ini. Progresnya hingga saat ini sudah mencapai 99%. Total ada 13 stasiun pada rute Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan-Bundaran HI, dengan panjang rute diperkirakan 16 kilometer (km).

Pada uji coba pertama yang dilaksanakan Selasa (12/3), MRT Jakarta mengangkut 4.000 penumpang. Uji coba dilaksanakan selama dua pekan. Perusahaan menargetkan 285.600 penumpang berpartisipasi mencoba moda transportasi anyar tersebut.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...