Kubu Jokowi Minta Sandiaga Tak Ragu Hadapi Ma’ruf Amin di Debat Ketiga

Dimas Jarot Bayu
14 Maret 2019, 18:59
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Dalam debat ketiga Maruf Amin akan berhadapan dengan Sandiaga Uno.

Calon wakil presiden (cawapres) bakal mengikuti debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Minggu (17/3). Juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Masinton Pasaribu meminta agar Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno tak berdalih menghormati Ma’ruf Amin selama debat tersebut.

Dia meminta, agar Sandiaga Uno tidak ragu menyampaikan gagasannya dalam debat ketiga Pilpres 2019. Sebab, menurutnya debat Pilpres 2019 merupakan ajang untuk menjelaskan gagasan dan program yang diusung masing-masing cawapres.

Apabila Sandiaga Uno tidak mampu menjawab pertanyaan selama debat, dia berharap cawapres nomor urut 02 itu tidak berdalih menghormati Ma’ruf Amin. “Ini bukan alasan Sandiaga untuk tidak mengeksplorasi gagasannya, lalu cengar-cengir karena alasan menghormati atau lainnya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (14/3).

(Baca: Survei SMRC: Jokowi-Amin Unggul Jauh atas Prabowo-Sandi)

Ia sepakat bahwa sopan-santun memang penting selama debat Pilpres 2019. Namun, ia berharap hal itu tidak menjadi alasan cawapres untuk berbicara tanpa ada substansinya selama debat.

Toh, para kandidat semestinya sudah mengeksplorasi gagasan terkait tema debat. Selama debat pun cawapres harus menggali gagasan atas pertanyaan yang diberikan. Dengan begitu, masyarakat memahami program dari masing-masing kandidat.

Di samping itu, menurutnya para kandidat harus mampu menunjukkan kepemimpinan selama debat berlangsung. "Yang perlu didengar publik adalah substansi yang disampaikannya," kata Masinton.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...