Debat Cawapres Tak Berpengaruh, IHSG Dibuka Positif

Image title
18 Maret 2019, 10:55
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (18/3) tidak banyak dipengaruhi oleh Debat Cawapres yang berlangsung tadi malam.

Putaran ketiga Debat Pilpres 2019 tidak signifikan berpengaruh terhadap pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,31% ke level 6.481,5 poin berkat penguatan delapan sektor indeks yang dipimpin sektor aneka industri.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai, laju IHSG tidak dipengaruhi oleh diselenggarakannya debat calon wakil presiden yang diadakan semalam, Minggu (17/3). Selama pemerintah mampu menjamin tingkat stabilitas politik dan keamanan, iklim investasi di Indonesia akan kondusif.

"Sehingga mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Nafan Aji kepada Katadata.co.id, Senin (18/3). Pekan ini, laju IHSG diperkirakan bakal positif dan bergerak di kisaran 6.330 hingga 6.540 poin.

IHSG bakal dipengaruhi oleh Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI). Dalam rapat tersebut, salah satu yang akan dibahas yaitu tingkat suku bunga acuan BI, namun Nafan memperkirakan BI akan mempertahankan 7 days reverse repo rate di level 6%.

Selain sentimen RDG BI, ada pun sentimen positif dari domestik masih terkait dengan stabilitas fundamental makro ekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan. Hal ini memberikan katalis positif bagi stabilitas pergerakan IHSG.

Di samping itu, lembaga pemeringkat utang internasional, Fitch Ratings, mempertahankan rating BBB untuk Indonesia dengan outlook stabil. Surplus neraca perdagangan pada Februari sebesar US$ 330 juta juga mendukung sentimen positif bagi IHSG.

"Stabilitas fundamental makroekonomi domestik begitu penting dalam rangka menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...