ExxonMobil-Pertamina Masih Bernegosiasi soal Harga Jual Minyak Mentah

Image title
18 Maret 2019, 20:11
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA
ExxonMobil Indonesia masih melakukan negosiasi harga minyak mentah dengan ‎PT Pertamina (Persero).

ExxonMobil Indonesia mengatakan negosiasi harga minyak mentah dengan ‎PT Pertamina (Persero), untuk periode transaksi pembelian minyak pada semester II 2019, masih terus berjalan. Proses ini terus berlangsung hingga keduanya sepakat memperoleh harga yang sesuai. 

Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto mengatakan, saat ini Exxon dan Pertamina masih melakukan pembicaraan secara intensif. "Negosiasi sekarang ini untuk (pembelian) Juli ke atas. Kita lagi bicara terbuka lah," kata ‎Erwin, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/3).

Namun dia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait proses negosiasi tersebut. Sebab, dia khawatir hal itu akan mempengaruhi proses negosiasi harga minyak mentah. " Kami masih bicara, enggak boleh ngomong," ujarnya.

(Baca: Tak Sepakat Harga, ExxonMobil Batal Jual Minyak ke Pertamina)

Sebelumnya ExxonMobil dikabarkan batal menjual minyak mentahnya pada semester pertama ke PT Pertamina (Persero). Alasannya, kedua perusahaan tidak menemui titik temu mengenai harga yang sesuai.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id beberapa waktu lalu Pertamina tidak bersedia membayar sesuai harga pasar internasional seperti yang biasa diperoleh Exxon. Penyebab lainnya adalah terbatasnya waktu negosiasi, sehingga kedua perusahaan belum tersebut belum menemukan kesepakatan hingga wajtu yang ditentukan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...