ExxonMobil Bersiap Pasang Pipa di Lapangan Minyak Kedung Keris

Image title
18 Maret 2019, 20:07
Sumur Minyak
Chevron
Ilustrasi sumur minyak. ExxonMobil Cepu Ltd menargetkan Lapangan Kedung Keris akan beroperasi pada akhir 2019.

ExxonMobil Cepu Ltd menargetkan Lapangan Kedung Keris dapat beroperasi pada akhir 2019. Perusahaan saat ini sedang persiapan pemasangan pipa sepanjang 16 kilometer.

“Kami masih persiapan. Tinggal proses di lapangan,” kata Vice President Public anda Government Affair ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/3).

Lapangan Kedung Keris merupakan bagian dari proyek Blok Cepu di Jawa Timur. Blok ini sekarang menjadi penopang utama produksi minyak bumi nasional. Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, produksinya mencapai 219 ribu barel per hari (bopd). Padahal, targetnya tahun ini hanya 216 ribu barel per hari.

Selama ini pasokan Blok Cepu berasal dari Banyu Urip. Pada 2021, perusahaan memprediksi produksi lapangan itu akan turun. Karena itu, ExxonMobil membutuhkan Lapangan Kedung Keris untuk segera beroperasi.

Produksi dari lapangan baru itu diperkirakan akan menambah produksi Blok Cepu sebesar 10 ribu barel per hari (bopd). Perusahaan sebelumnya telah menandatangani kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi dengan PT Meindo Elang Indah pada April 2018.

(Baca: SKK Migas Restui ExxonMobil Garap Lapangan Kedung Keris)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...