Investor Saham Tunggu Arah Bunga Acuan BI dan The Fed, IHSG Naik 0,1%

Happy Fajrian
20 Maret 2019, 11:04
Pergerakan Harga Saham di BEI
ANTARA
Pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka perdagangan saham Rabu (20/3) dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 0,1% ke level 6.486,88. Hingga pukul 10.00 IHSG terus memperkuat laju kenaikannya hingga ke level 6.491,31 atau naik 0,17%.

Kepala analis Valbury Sekuritas Alfiansyah dalam risetnya memprediksi IHSG hari ini akan bergerak positif didorong oleh ekspektasi pasar terhadap suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang akan diputuskan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Kamis (21/3) serta hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC) the Fed yang akan menentukan suku bunga acuannya.

"Ekspektasi pasar bahwa dalam RDG BI dan juga rapat FOMC akan menahan suku bunga, ditambah sentimen dari Fitch Ratings dapat menjadi katalis positif bagi IHSG untuk bergerak ke teritorial positif hari ini," ujar Alfiansyah di Jakarta, Rabu (20/3).

Fitch Ratings mengumumkan peringkat utang Indonesia tetap berada di posisi BBB dengan outlook stable. Fitch menyatakan bahwa tingkat beban utang pemerintah yang rendah dan pertumbuhan ekonomi yang baik merupakan faktor pendorong tercapainya peringkat utang Indonesia tersebut.

(Baca: Manulife Aset Manajemen Nilai Tekanan di Pasar Modal Telah Reda)

"Beban utang Indonesia dibandingkan negara peers dinilai lebih aman dan sektor keuangan domestik berada dalam kondisi sehat," ujar Alfiansyah.

Tidak hanya IHSG, bursa saham Asia juga turut menantikan hasil rapat FOMC. Pagi ini mayoritas bursa saham Asia bergerak terkoreksi setelah kinerja yang relatif datar pada perdagangan kemarin. Indeks Hang Seng turun 0,32%, Strait Times turun 0,61%, Kospi turun 1%, KLCI turun 0,31%, dan PSEi turun 0,05%. Sementara itu Indeks Shanghai tercatat naik 0,17% dan Nikkei naik 0,08%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...