Tembus Pasar Non-Tradisional, RI Ekspor Empat Bus ke Bangladesh

Image title
22 Maret 2019, 04:00
CV Laksana mengekspor empat bus eksekutif dan 10 bus tingkat (double decker) ke Bangladesh dengan total penjualan senilai US$ 808 ribu.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
CV Laksana mengekspor empat bus eksekutif dan 10 bus tingkat (double decker) ke Bangladesh dengan total penjualan senilai US$ 808 ribu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melepas ekspor perdana empat bus yang diproduksi perusahaan Tanah Air, CV Laksana ke Bangladesh. Upaya ini merupakan langkah awal untuk  meningkatkan penetrasi ke pasar non-tradisional.

Retno mengatakan melalui diplomasi ekonomi, pemerintah terus mendukung pelaku usaha nasional menembus pasar nontradisional yang potensial. “Ini menunjukkan daya saing Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain,” kata Retno, Jakarta, Kamis (21/3).

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda mengatakan bahwa implementasi dari trade mission Indonesia dengan Bangladesh sudah dimulai sejak tahun lalu. (Baca: Ekspor Kereta ke Bangladesh, INKA Raup Rp 1,4 T)

Bangladesh, menurutnya sudah lama meminta ekspor bus dari Indonesia sebanyak 1.000 unit. Hal itu kemudian ditindaklanjuti pemerintah dengan mengirimkan prototype. “Hasilnya adalah kita mulai dari ekspor perdana empat unit bus ini,” kata Arlinda.

Ke depan, pemerintah berupaya meningkatkan ekspor dengan menyertakan para pelaku usaha dalam kegiatan misi dagang. Sebab, target ekspor tidak hanya negara Bangladesh, tetapi juga pasar-pasar tradisional seperti Jepang, Amerika, Cina, dan India.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...