Bulog Anggarkan Rp 500 Miliar untuk Impor 100 Ribu Ton Bawang Putih

Image title
Oleh Ekarina
24 Maret 2019, 14:00
Pedagang bawang putih di Pasar Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/5).
Antara
Pedagang bawang putih di Pasar Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/5).

Perum Bulog akan menyiapkan anggaran sekitar Rp500 miliar untuk merealisasikan penugasan impor bawang putih sebesar 100.000 ton.  Impor bawang putih  dari Tiongkok itu rencananya akan didatangkan secara bertahap, tergantung kebutuhan masyarakat.

Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar Utomo mengatakan, saat ini Perum Bulog masih melengkapi persyaratan administrasi. Surat  rekomendasi dari Kementerian Pertanian sudah diterbitkan setelah rapat koordinasi terbatas yang dipimpin Menko Perekonomian.

(Baca: Jelang Ramadan, Pemerintah Minta Bulog Impor Bawang Putih 100 Ribu Ton)

Namun, perseroan masih menunggu surat penugasan dari Menteri BUMN, untuk kemudian mengajukan izin ke Kementerian Perdagangan dan mendapatkan persetujuan impor (PI).

Setelah seluruh persyaratan lengkap, Bulog pun segera melakukan lelang impor bawang putih secara terbuka. Bawang putih sebanyak 100.000 ton akan didatangkan dari Tiongkok secara bertahap.

"Anggaran yang disiapkan untuk 100.000 ton paling tidak sekitar Rp500 miliar," kata Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar Utomo di Jakarta, Minggu (24/3).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...