Grab Luncurkan Fitur Baru yang Terhubung dengan Transportasi Umum

Desy Setyowati
26 Maret 2019, 13:10
Grab
Grab
Peresmian terintegrasinya layanan Grab dengan MRT

Penyedia layanan on-demand Grab baru saja meluncurkan fitur ‘rute’ sehingga memudahkan konsumen terhubung dengan transportasi umum. President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyampaikan, fitur anyar ini mengintegrasikan berbagai opsi transportasi publik ke aplikasi.

Ridzki mengklaim, layanan perjalanan first-mile-last-mile ini pertama kalinya di Asia Tenggara. “Fitur ini menjadi alternatif dari penggunaan kendaraan pribadi,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (26/3).

(Baca: Gojek dan Grab Kaji Dampak Tarif Ojek Online yang Baru Ditetapkan)

Apalagi, data Unescap menunjukkan bahwa 70 % perjalanan harian masyarakat di DKI Jakarta menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi. Jumlah kendaraan bermotor pun meningkat sekitar 8,1 % setiap tahunnya. Tren seperti ini justru mendukung persoalan kemacetan di DKI Jakarta.

Sejalan dengan hal itu, Grab melakukan uji coba fitur ‘rute’ di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak sebulan lalu. Hasilnya, hampir setengah juta pengguna telah mencoba fitur ini di tiga minggu awal setelah peluncuran. “Ini bertepatan dengan peluncuran MRT di Jakarta,” kata Ridzki.

Selain MRT, fitur ‘rute’ dalam aplikasi Grab menampilkan jadwal transportasi publik terkini dari KRL Commuterline, Airport Rail Link, dan layanan bus umum Transjakarta, serta lebih dari 50 jadwal tetap bus umum lainnya di Jabodetabek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...