Datangkan Bor Raksasa, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikebut

Image title
27 Maret 2019, 17:54
Kereta Cepat Tiongkok China
ANTARA FOTO/REUTERS/Darley Shen
Kereta api peluru berkecepatan tinggi China, Harmony, berada di pusat perawatan, saat dimulainya kesibukan perjalanan Festival Musim Semi, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Kamis (1/2).

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) bersiap mengebor lapisan tanah di bawah tol Cikampek untuk membuat terowongan. Alat bor raksasa atau Tunnel Boring Machine (TBM) untuk mengerjakan proyek itu telah selesai dirakit di Zhanghuabang Wharf, Shanghai, Tiongkok.

Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra mengatakan, mesin bor ini memiliki mata bor (cutting knives) terbuat dari logam keras sehingga bisa melubangi lapisan tanah sepanjang delapan meter per hari. Mesin bor ini juga akan beroperasi 24 jam penuh.

Dengan begitu, proses pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung diharapkan selesai sesuai target pada 2021 atau bahkan lebih cepat. “Dengan teknologi TBM ini, maka proses pengeboran akan berlangsung dengan aman dan cepat,” ujar Chandra dalam siaran pers, Rabu (27/3).

(Baca: Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung 55% Tahun Ini)

Meski dioperasikan selama 24 jam, KCIC membangun terowongan ini dengan metode pengerjaan shield tunneling atau penggalian pada tanah lunak. Untuk itu, Chandra mengklaim bahwa metode lebih aman ketimbang drill, blasting atau lainnya.

Selain itu, metode ini sesuai dengan aturan Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) Bandara Halim Perdanakusuma tentang ketinggian bangunan dan kemungkinan mengganggu operasional penerbangan. “Metode ini bekerja seperti cacing bawah tanah sehingga selama proses pengeboran hampir tidak menimbulkan gangguan bagi aktivitas kendaraan atau masyarakat yang berlangsung diatasnya,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...