Menko Darmin: Izin Impor Bawang Putih Belum Turun dari Kemendag

Image title
29 Maret 2019, 20:07
Bawang putih
ANTARA FOTO/Jojon
Ilustrasi pedagang bawang putih.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan impor bawang putih belum bisa dilakukan karena izinnya belum keluar dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Impor bawang putih jadi, sudah saya perintahkan ke Bulog,” kata Darmin di kantornya, di Jakarta, Jumar (29/3). Tapi ia tak menjawab kapan target pelaksanaan impor itu.

Sejak pekan lalu pemerintah telah menugaskan Bulog untuk mengimpor bawang putih jelang Ramadan 2019. Jumlahnya mencapai 100 ribu ton. Impor ini sebagai upaya menekan harga bawang putih. Sekarang harganya Rp 45 ribu per kilogram. Pemerintah berharap angka itu bisa turun menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

Setiap tahun jumlah impor bawang putih mencapai 400 ribu sampai 500 ribu ton. Artinya, masih ada slot untuk swasta. Namun, pemerintah masih menunggu laporan pelaku impor yang sudah menjalankan wajib tanam bawang putih di dalam negeri.

(Baca: Disparitas Harga Tinggi, Kementan Pantau Harga Bawang oleh Spekulan)

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti sebelumnya mengatakan, kebutuhan bawang putih Indonesia 90% terpenuhi dari impor. Selain menjaga kestabilan harga, impor ini juga untuk memastikan ketersediaan stok. “Kami harus melihat iklim ke depan seperti apa, stok masih cukup atau tidak,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...