Jonan: Lebih Baik Mobil Listrik Ketimbang Genjot Produksi Minyak

Image title
2 April 2019, 08:56
Jonan: Lebih Baik Mobil Listrik Ketimbang Genjot Produksi Minyak
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri ESDM Ignasius Jonan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan pentingnya peralihan konsumsi energi saat ini. Sudah saatnya sektor transportasi mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan beralih menggunakan listrik.

"Kendaraan listrik ini perlu, mending kembangkan ini daripada meningkatkan produksi minyak," ujarnya saat mengisi sebuah acara seminar di Balai Sidang, Universitas Indonesia, Senin (1/4).

Advertisement

Menurut Jonan upaya meningkatkan produksi minyak memerlukan waktu yang sangat panjang. Sebelum 1998, kegiatan eksplorasi untuk menemukan sumber minyak baru membutuhkan waktu tujuh tahun. Sekarang, waktu yang dibutuhkan lebih panjang, mencapai 15 tahun. Banyak kendala yang dihadapi kontraktor migas, salah satunya aturan di sektor migas yang menyulitkan, terutama di daerah.

(Baca: Defisit Produksi Migas Diprediksi Akan Membesar di 2025-2050)

Sementara, dia menilai pengembangan kendaraan listrik bisa dilakukan lebih cepat. Dengan mengembangkan kendaraan listrik, konsumsi BBM bisa ditekan. Penggunaan kendaraan listrik juga dapat mengurangi polusi akibat sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin kendaraan.

Beberapa negara di dunia pun sudah menggunakan kendaraan listrik. "Saya di Italia pakai nissan. Di Indonesia yang saya tidak mengerti, pengusaha mobil tidak ada yang memulai mengembangkan mobil listrik," kata Jonan. (Baca: Bidik Pasar Australia, Menperin Siapkan Industri Mobil Listrik)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement