Modalku Salurkan Pendanaan Rp 3,1 Triliun untuk UMKM Indonesia

Michael Reily
2 April 2019, 12:50
fintech modalku
Arief Kamaludin | KATADATA

Pencairan kredit modal usaha dari perusahaan financial technology (fintech) Modalku untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia mencapai Rp 3,1 triliun. Secara total, distribusi pendanaan Modalku di Indonesia, Singapura, dan Malaysia mencapai Rp 5,2 triliun sejak berdiri tahun 2016.

Sebagai perusahaan fintech lending, Modalku telah memberikan pinjaman kepada 350 ribu UMKM dengan tingkat gagal bayar sekitar 0,76%. Modalku juga hadir di Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies.

Pertumbuhan kredit untuk UMKM dan jangkauan Modalku semakin pesat dengan adanya pencairan dana sebesar Rp 1 triliun pada kuartal pertama 2019. Chief Executive Officer (CEO) Modalku Reynold Wijaya menyatakan, akses modal usaha bagi UMKM bakal mendorong pertumbuhan bisnis lokal dan selanjutnya memajukan makroekonomi.

(Baca: Beli SBR006 Dengan Rp 1 Juta, Ini Nilai Imbal Hasilnya untuk Investor)

Sektor UMKM berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. Data terbaru Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa UMKM Indonesia berkontribusi atas 60% dari PDB negara. “Kami ingin supaya ke depannya inklusi keuangan dapat tercapai, di mana semua orang memiliki akses ke layanan finansial dan tergabung dalam sistem keuangan formal," kata Reynold dalam keterangan resmi, Selasa (2/4).

Dia menjelaskan, penyediaan modal usaha modal kepada segmen UMKM masih belum terlayani oleh institusi konvensional. Oleh karena itu, sebagai perusahaan baru, Modalku ingin menjangkau lebih banyak para pelaku usaha yang butuh pendanaan secara cepat.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...