Usai Diakuisisi Korea, Bank Mitraniaga Tetap Fokus di Segmen UMKM

Image title
5 April 2019, 08:30
 Bank Mitraniaga
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi bank. Setelah diakuisisi Korea, Bank Mitraniaga menyatakan bakal tetap fokus bisnis di sektor UMKM.

PT Bank Mitraniaga Tbk. (NAGA) menyatakan bakal tetap fokus bisnis di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) meski sudah diambil alih kepemilikannya oleh Industrial Bank of Korea (IBK). Seperti halnya Bank Mitraniaga, IBK juga fokus pada bisnis UMKM.

"Pasti (fokus pada UMKM) itu, karena (IBK)  bank UMKM," kata Direktur Utama Bank Mitraniaga Muhammad Nurcahyono ketika ditemui usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (4/4).

(Baca: Akuisisi Bank Mitraniaga, Industrial Bank of Korea Siapkan Rp 477,59 M)

Setelah masuknya IBK, Bank Mitraniaga bakal dimerger dengan PT Bank Agris Tbk. (AGRS). IBK menjadi pemegang saham pengendali di kedua perusahaan tersebut.

Setelah proses merger nanti, Nurcahyono menyampaikan pihaknya belum tahu penambahan fokus bisnis Bank Mitraniaga ke depan. "Tambahan (fokus bisnis) menunggu merger. Kami mesti vakum dulu, semua menunggu hasil merer dulu," kata Nurcahyono.

Tahun lalu, seperti dalam laporan keuangan perusahaan, Bank Mitraniaga menyalurkan kredit senilai Rp 876,6 miliar atau lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang senilai Rp 941,7 miliar. Dari total penyaluran kredit tahun lalu, persentase kredit kepada UMKM mencapai 41,14% atau sekitar Rp 360,6 miliar. Persentase tersebut lebih banyak dari 2017 yang sebesar 36,16% atau setara dengan Rp 340,5 miliar.

(Baca: Dorong Konsolidasi, Perbanas Nilai Idealnya Hanya Ada 50-70 Bank)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...