Pertamina EP Temukan Cadangan Gas di Sumur Eksplorasi Morea Sulteng

Image title
6 April 2019, 03:00
Wilayah Kerja Pertamina EP Asset 4, di Sulawesi Tengah.
Pertamina EP Asset 4
Wilayah Kerja Pertamina EP Asset 4, di Sulawesi Tengah.

PT Pertamina EP menemukan cadangan gas di wilayah kerja Pertamina EP Asset 4 di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Ini hasil pengeboran sumur eksplorasi Morea – 001 (MOR-001) dengan kedalaman akhir 2.300 meter. Penemuan ini terjadi setelah penemuan cadangan minyak dan gas (migas) di sumur eksplorasi Wolai, di area yang sama, tahun lalu.

Exploration and New Discovery Project Director Pertamina EP Alfian Husein mengatakan Tim Exploration Drilling Morea-001 melakukan uji produksi dengan Drill Stem Test (DST) pada batuan karbonat Formasi Mentawa. Dari pengujian tersebut mengalir gas sekitar 10 juta kaki kubik per hari dan diperkirakan akan lebih besar lagi.

(Baca: Lapangan Bambu Besar dan Akasia Topang Produksi Migas Pertamina EP)

Besaran cadangan gas akan diketahui beberapa bulan mendatang. “Setelah selesai evaluasi lanjut dan verifikasi cadangan," kata Alfian berdasarkan keterangan tertulisnya, Jumat (5/4).

Tahun lalu, dari hasil pengeboran sumur eksplorasi Wolai di area yang sama, Pertamina EP menemukan Sumber daya kontinjen (contingent resources) sekitar 250 miliar kaki kubik gas ditambah beberapa juta barel minyak.

Alfian mengatakan, penemuan cadangan migas baru dari sumur Wolai dan Morea menambah keyakinan Pertamina EP untuk terus agresif melakukan kegiatan eksplorasi seismic dan pengeboran di kawasan pantai timur Sulawesi Tengah.

(Baca: Bangun 4 Terminal LPG di Wilayah Timur, Pertamina Investasi Rp 1,2 T)

Pada Februari 2019, Tim Exploration Drilling juga menemukan cadangan migas baru dari sumur Randuwangi di kawasan Subang, Jawa Barat. Cadangan diperkirakan sebesar 15 juta barel setara minyak. Pertamina EP akan menggunakan cadangan ini untuk menjaga tingkat produksi migas di wilayah kerja Pertamina EP Asset 3, Jawa Bagian Barat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...