Survei BI: Keyakinan Konsumen Menurun di Maret 2019

Rizky Alika
6 April 2019, 08:50
Bank Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Hasil survei keyakinan konsumen oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan indeks keyakinan konsumen pada Maret 2019 sebesar 124,5 atau lebih rendah 0,6 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Penyebabnya, keyakinan konsumen terhadap kenaikan penghasilan berkurang.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) berasal dari rata-rata Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Indeks kondisi ekonomi saat ini menggambarkan keyakinan konsumen terhadap perekonomian pada Maret. Sedangkan Indeks Ekspektasi Konsumen mencerminkan keyakinan konsumen terhadap perekonomian pada enam bulan mendatang.

Secara rinci, IEK menurun 0,7 poin menjadi 140,2 akibat menurunnya optimisme konsumen terhadap kenaikan penghasilan pada 6 bulan mendatang. "Ini disebabkan oleh penurunan ekspektasi konsumen terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja pada 6 bulan mendatang," demikian tertulis dalam laporan Survei Konsumen yang diterima Katadata.co.id, Jumat (4/5).

(Baca: Tumbuh di Bawah Ekspektasi, Industri Makanan Terancam Daya Beli)

Konsumen memperkirakan kenaikan penghasilan pada 6 bulan mendatang tidak setinggi bulan sebelumnya. Penurunan terjadi pada hampir seluruh tingkat pengeluaran dan tingkat usia responden, terutama responden yang memiliki tingkat pengeluaran Rp 2,1-3 juta per bulan. Dari tingkat usia, penurunan utamanya pada responden usia 20-30 tahun.

Sementara, IKE sebesar 108,9 atau turun 0,5 poin dari Februari 2019. Penurunan IKE disebabkan oleh keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama terkontraksi 2,3 poin menjadi 110,1.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...