Dukung Pariwisata, Angkasa Pura I Gandeng Pengelola Borobudur

Image title
Oleh Antara
7 April 2019, 17:00
Imigrasi turis
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi wisatawan di bandara.

PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko/TWC (Persero) untuk mendukung operasional Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo serta pengembangan 10 destinasi pariwisata prioritas.

"Angkasa Pura I memiliki bandara dan di sisi lain TWC mempunyai konten wisata, sehingga kami melakukan sinergi untuk menarik lebih banyak wisatawan," kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (7/4).

Ia menjelaskan, pola kolaborasi ini meliputi pusat informasi pariwisata bersama. Selain itu, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo memiliki beberapa branding spot potensial yang bisa dimanfaatkan oleh TWC untuk mempromosikan potensi wisata.

(Baca: Harga Tiket Naik, Jumlah Penumpang Pesawat Domestik Turun 15,5%)

Kedua BUMN tersebut juga akan membuat materi kampanye wisata Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Tiga daerah ini merupakan magnet utama dan destinasi prioritas dengan ikon Candi Borobudur.

Direktur Utama TWC Edy Setijono menjelaskan bahwa Joglosemar merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Joglosemar, kata Edy, juga merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang mengikuti paket wisata jalur darat Jawa-Bali dan wisawatan kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. "Namun, saat ini masalah aksesibilitas masih menjadi isu utama untuk mencapai target dua juta wisatawan mancanegara di 2019," kata Edy.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...