Harga Tiket Naik, Jumlah Penumpang Pesawat Domestik Turun 15,5%

Image title
1 April 2019, 15:33
Mudik 2018
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Sejumlah pemudik pesawat tiba di Bandara Komersil Lanud Wiriadinata, Cibeurem, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (11/6). Pihak Bandara Lanud Wiriadinata mencatat, pada arus mudik Lebaran 2018 penjualan tiket pesawat jurusan Tasikmalaya-Jakarta (Halim) atau sebaliknya mengalami peningkatan 35 persen dibandingkan hari biasa, bahkan tiket untuk arus balik sudah ludes terjual.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penumpang angkutan udara tujuan domestik turun 15,5% dari 6,6 juta pada Januari menjadi 5,6 juta orang di Februari 2019. Secara tahunan, jumlah penumpang pesawat tujuan domestik pun turun 15,4% dari 14,5 juta pada Januari-Februari 2018 menjadi 12,2 juta orang di periode yang sama tahun ini.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, ada dua faktor penyebab turunnya jumlah penumpang pesawat pada Februari 2019. Pertama, karena jumlah hari pada Februari jauh lebih sedikit dibanding Januari. Kedua, mahalnya harga tiket pesawat dalam beberapa waktu terakhir.

"Persoalan harga tiket pesawat yang menjadi keluhan masyarakat, itu terlihat di berbagai bandara. Itu untuk penerbangan domestik," kata Suhariyanto saat onferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (1/4).

Advertisement

(Baca: Aturan Terbaru, Pemerintah Naikkan 5% Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat)

BPS mencatat, penurunan jumlah penumpang terjadi di seluruh bandara utama di Indonesia. Penurunan paling drastis terjadi di Bandara Kualanamu-Medan sebesar 29,2% pada Februari 2019 dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month to month/mtm).

Penurunan jumlah penumpang di Bandara Hasanuddin-Makassar, Ngurah Rai- Denpansar, dan Juanda-Surabaya masing-masing mencapai 19,1%, 16,7%, dan 15,6 %. Lalu, jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta-Tangerang juga juga menurun 7,4%.

(Baca: Inflasi Maret 2019 Sebesar 0,11%, Salah Satunya Karena Tiket Pesawat)

Tak hanya tujuan domestik, jumlah penumpang pesawat tujuan internasional turun 7% mtm dari 1,5 juta menjadi 1,4 juta orang di Februari 2019. Secara tahunan, jumlah penumpang pesawat ke luar negeri pun turun 7,4% dari 2,9 juta pada Januari-Februari 2018 menjadi 2,7 juta orang di periode yang sama tahun ini.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement