Prabowo-Sandiaga Klaim Unggul di Pulau Jawa

Dimas Jarot Bayu
10 April 2019, 16:22
Kampanye Akbar
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Prabowo Subianto menyampaikan orasi dalam acara kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta (7/4). Calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan hasil hitungan jumlah orang yang hadir di kampanye akbarnya hari ini. Dia menyatakan jumlah massa kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan sekitarnya ini sebanyak sejuta lebih orang.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno optimistis akan unggul di Pulau Jawa ketimbang pesaingnya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Alasannya, pasangan calon yang diusungnya sudah mendapat banyak suara di Banten, Jakarta serta Jawa Barat.

BPN juga mengklaim telah meraih kemenangan di Jawa Timur. Hal ini berdasarkan survei internal yang dilakukan BPN. "Di Jawa Timur, kami sudah di posisi atas, melampaui inkumben," kata Direktur Kampanye BPN Prabowo-Sandiaga, Sugiono di The Darmawangsa, Jakarta, Rabu (10/4).

Advertisement

(Baca: Survei Voxpol: Elektabilitas Jokowi Hanya Unggul Tipis 5% dari Prabowo)

Untuk di Jawa Tengah, Sugiono juga menyebut dukungan dari masyarakat kepada Prabowo-Sandiaga terus menguat. Pesan-pesan politik yang disampaikan Prabowo-Sandiaga di sana dianggap beresonansi dengan keinginan masyarakat.

Prabowo terus menguatkan dukungannya dengan cara melakukan kampanye terbuka di Stadion Sriwedari, Solo pada hari ini. Acara tersebut digelar sejak pukul 11.00 WIB hingga selesai.

(Baca: Hari Ini Prabowo Kampanye di Solo, Jokowi Resmikan Tol di Probolinggo)

Selain itu, Prabowo-Sandiaga didukung oleh beberapa tokoh Jawa Tengah, seperti Bibit Waluyo dan Rustriningsih. Bibit merupakan Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013. Sementara Rustriningsih merupakan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013.

Ada pula Muhammad Najih Maimoen (Gus Najih) dan Muhammad Wafi Maimoen (Gus Wafi). Keduanya merupakan putra Kiai Maimoen Zubair alias Mbah Moen, sosok ulama yang cukup dipandang di Jawa Tengah. "Beliau-beliau memberikan boost yang begitu besar untuk Prabowo-Sandiaga di Jawa Tengah," kata Sugiono.

(Baca: Kampanye Ramai, BPN Percayai Survei yang Menangkan Prabowo)

Meski optimistis unggul, Sugiono menyatakan BPN masih harus kerja keras untuk meningkatkan elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 di Bali. Untuk itu, Prabowo-Sandiaga akan memanfaatkan isu reklamasi di Teluk Benoa yang selama ini banyak dikritik demi meraih dukungan masyarakat di sana. "Aspirasi masyarakat yang jadi keinginan mereka akan kami perjuangkan, akan kami fasilitasi," kata Sugiono.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement