Video Parodi Debat Prabowo vs Jokowi Terpopuler di Youtube

Michael Reily
10 April 2019, 13:46
Suasana jumpa pers YouTube Fanfest 2016 di Jakarta, Jumat, (21/10).
Arief Kamaludin | Katadata
Suasana jumpa pers YouTube Fanfest 2016 di Jakarta, Jumat, (21/10).

Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez merilis video parodi debat antara calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto dengan judul Epic Rap Battles of Presidency. Video yang diunggah di Youtube tanggal 8 April 2019 itu mendapatkan status terpopuler di Indonesia setelah ditonton 3 juta kali dalam waktu dua hari.

Andovi dan Jovial merilis video parodi itu melalui channel Youtube skinnyindonesian24 sebagai hiburan. "Video ini tidak bermaksud untuk menjadi kampanye politik sama sekali," tertulis dalam keterangan video.

Video berdurasi 5 menit 30 detik itu mengadopsi format parodi dari channel Youtube Nice Peter dan epicLLOYD. skinnyindonesian24 pun mengucapkkan terima kasih untuk para pembuat konten asli yang telah memberikan inspirasi untuk pembuatan video.

(Baca: Google Siapkan Tiga Langkah Tangkal Hoaks Pemilu 2019)

"Kami hanya menggunakan format mereka sehingga kami bisa memberikan cerita tentang pemilihan umum di Indonesia. Kami tidak bermaksud untuk melanggar kekayaan intelektual," bunyi keterangan itu.

Video itu disutradai oleh Andovi dan Jovial dengan musik diciptakan oleh Myst DeiSanto. Setidaknya ada 22 orang anak muda yang ikut dalam produksi video debat tersebut. Jovial dan Andovi berharap masyarakat Indonesia bisa menjalankan proses pemilihan umum dengan baik pada 17 April 2019.

Dalam video, Andovi berperan sebagai Joko Widodo dan Jovial pura-pura sebagai Prabowo Subianto. Mereka pun berpenampilan mirip dengan tampilan kedua calon presiden. Mereka menambahkan dalam caption, "Siapa yang menang? Kalian yang tentukan! 17 April 2019! #Prabowo atau #Jokowi?"

(Baca: Reportase: Internet Menjadi Jendela Dunia bagi Siswa di Ende)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...