CSIS: Grab Berkontribusi Rp 49 Triliun Terhadap Ekonomi Indonesia 2018

Desy Setyowati
11 April 2019, 16:04
President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata
Grab
President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata

Riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics menunjukkan, Grab berkontribusi Rp 49 triliiun terhadap ekonomi Indonesia pada 2018. Kontribusi terbesar berasal dari layanan GrabFood, yakni Rp 20,8 triliun.

Survei ini dilakukan terhadap 3.418 responden selama November hingga Desember 2018. "Dengan teknologi, Grab bisa mempertemukan dan menghasilkan permintaan terhadap produk dan jasa pekerja informal, sehingga pendapatannya meningkat,” ujar Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri dalam siaran pers, Kamis (11/4).

Advertisement

(Baca: Riset UI: Mitra Gojek Sumbang Rp 44 Triliun ke Perekonomian)

Survei dilaksanakan secara tatap muka dengan sampel mitra terdaftar dan aktif selama tiga bulan terakhir berdasarkan basis data Grab. Penarikan sampelnya menggunakan metode pengacakan sistematis (systematic random sampling) dan kontrol kualitas call-back terhadap 80 % responden.

Tingkat kesalahan atau Margin of Error dari penelitian ini di bawah 3,5 % dan tingkat kepercayaan 95 %. Survei ini pun dilakukan di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Berdasarkan survei ini, penjualan mitra GrabFood di lima kota meningkat 25 % per bulan setelah bermitra dengan Grab. Rerata penjualan mitra naik dari Rp 1,4 juta menjadi Rp 1,85 juta per hari. Sebanyak 52 % mitra dagang memiliki penjualan harian lebih dari Rp 500 ribu per hari.

Penjualan mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga meningkat Rp 11 juta per bulan setelah bergabung dengan Grab. Tambahan pendapatan ini diperoleh tanpa investasi tambahan, seperti perluasan tempat usaha. Karena itu, GrabFood berkontribusi Rp 20,8 triliun terhadap ekonomi Indonesia.

(Baca: Riset FEB UI: Kontribusi Ekonomi Go-Jek Capai Rp 9,9 Triliun )

Survei ini juga mencatat rerata pendapatan mitra GrabBike dan GrabCar di lima kota meningkat 113 % dan 114 %, menjadi Rp 4  juta dan Rp 7  juta per bulannya setelah bermitra dengan Grab.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement