Dorong Lapangan Migas Offshore, Archandra Janjikan Kemudahan Izin

Image title
11 April 2019, 22:29
 Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan lapangan migas offshore) sangat prospektif untuk dikembangkan, utamanya di wilayah Indonesia bagian timur.
Pertamina Hulu Energi
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan lapangan migas offshore sangat prospektif untuk dikembangkan, utamanya di wilayah Indonesia bagian timur.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan lapangan minyak dan gas lepas pantai (offshore) sangat prospektif untuk dikembangkan, utamanya di wilayah Indonesia bagian timur. Namun, banyak tantangan dalam pengembangannya.

Menurut dia, setidaknya ada empat tantangan pengembangan lapangan migas offshore. Tantangan pertama yaitu mencari lapangan yang berpotensi untuk dikembangkan. Kedua, risiko yang besar.

“Terkadang Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) kurang berani untuk melakukan eksplorasi migas di daerah baru,” kata dia seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (11/4). Tantangan lainnya, terbatasnya rig di Indonesia dan besarnya investasi yang harus dikeluarkan.

(Baca: SKK Migas: Pembahasan IDD Tinggal Menunggu Respons Pihak Chevron)

Arcandra menyatakan, untuk mendorong pengembangan lapangan migas offshore, pihaknya akan mempercepat proses administrasi dan perizinan. Dengan begitu, KKKS bisa fokus melakukan pencarian migas.

“Kegiatan yang berhubungan dengan administrasi, baik di Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) maupun di Kementerian ESDM atau instansi lain, itu yang kami percepat dan permudah," ujarnya.

(Baca: Arcandra Akan Percepat Perizinan Migas Blok Pangkah)

Dari segi harga minyak, ia memperkirakan, kisaran yang masih masuk keekonomian untuk lapangan offshore Indonesia yaitu sekitar US$ 50-60 per barel. Meskipun, kisaran ini masih bisa diperdebatkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...