Facebook Tutup 878 Akun Sejak Februari 2019

Cindy Mutia Annur
12 April 2019, 14:02
Head of Cybersecurity Policy of Facebook Nathaniel Gleicher
Desy Setyowati/Katadata
Head of Cybersecurity Policy of Facebook Nathaniel Gleicher

Facebook telah menutup 878 akun, 241 halaman (pages) dan 654 grup sejak Februari hingga hari ini (13/4) pukul 11.00 WIB. Perusahaan layanan jejaring sosial asal Amerika Serikat itu juga menghapus 222 akun Instagram di Indonesia. 

Kepala Kemanan Siber Facebook Nathaniel Gleicher mengatakan, divisinya fokus mengawasi pola perilaku tidak otentik yang terorganisir (coordinated inauthentic behavior/CIB) di platformnya, Instagram dan WhatsApp. Ia menjamin ada proses investigasi sebelum Facebook menutup akun.

Akun yang sudah dihapus tidak akan aktif lagi di Facebook, Instagram maupun Whatsapp sampai kapan pun. “Pemantauan ini dilakukan berkelanjutan untuk menutup akun berdasarkan perilaku mereka di Facebook,” ujar dia melalui video conference  di Kantor Facebook Indonesia, Jakarta, Jumat (12/4).

(Baca: Facebook Pantau Linimasa Sebelum Hingga Setelah Pemilu)

Salah satu halaman yang dihapus adalah Permadi Arya, yang juga dikenal dengan Abu Janda . Alasannya, page ini terkait dengan kelompok Saracen. Kelompok ini menggunakan ribuan akun media sosial untuk menyebar kebencian melalui beria palsu dan hoaks.

Bahkan, salah satu halaman yang dihapus tersebut memiliki sekitar 24 ribu pengikut. Contohnya, halaman Berita Sekitar Indonesia, Brandal KeciL , serta Cinta, Harapan & Do'a. Salah satu grup yang dihapus memiliki sekitar 1,3 juta pengikut. Lalu, satu akun Instagram yang ditutup memiliki 5,6 ribu pengikut.

Akun, halaman, dan grup yang dihapus tersebut telah mengeluarkan US$ 4 untuk beriklan di Facebook. Iklan pertama muncul pada Oktober 2017 dan yang terbaru pada Maret 2019.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...