Antrean Panjang WNI Ikuti Pemilu 2019 di Berbagai Negara

Martha Ruth Thertina
14 April 2019, 16:40
WNI mengantre di KBRI Singapura untuk memberikan suara pada Pemilu 2019. Pemungutan suara di luar negeri berlangsung secara bertahap pada 8-14 April 2019.
Dokumentasi Pribadi Willson Cuaca
WNI mengantre di KBRI Singapura untuk memberikan suara pada Pemilu 2019. Pemungutan suara di luar negeri berlangsung secara bertahap pada 8-14 April 2019.

Warga Negara Indonesia (WNI) berbondong-bondong mengikuti Pemilu 2019 di luar negeri. Antrean panjang dilaporkan terjadi pada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di antaranya di Singapura, Melbourne, Tokyo dan New York. Pemungutan suara di TPS luar negeri digelar bertahap mulai 8 April hingga 14 April ini.

Di Singapura, pemungutan suara digelar pada Minggu (14/4). Pada TPS di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berlokasi di Chatworth Road, antrean dilaporkan mencapai satu kilometer dari gerbang. Hal ini lantaran adanya puluhan ribu WNI yang ingin menggunakan hak pilihnya.

Advertisement

Seorang WNI mengaku datang pada pukul 08.00 pagi, namun antrean sudah panjang. "Di luar perkiraan," kata dia, Minggu (14/4). Ia menyebut antrean pada Pemilu 2019 ini lebih panjang dibandingkan Pemilu 2014.

(Baca: Pemungutan Suara Pemilu 2019 di TPS Luar Negeri Memasuki Hari Terakhir)

WNI lainnya bernama Nursya Ibnu, 34 tahun, membenarkan tentang antusiasme yang meningkat. Namun, meskipun lelah mengantre, ia mengaku senang. "Setidaknya kami sudah menyalurkan hak suara untuk suatu perubahan," kata dia.

Ia berharap pemimpin yang terpilih dapat membawa perubahan, khususnya bagi perlindungan pekerja migran Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Berdasarkan informasi yang diterima katadata.co.id, antrean panjang juga terjadi di Tokyo, Jepang dan New York, Amerika Serikat (AS). Mengutip VOA Indonesia, pemungutan suara di AS berlangsung serentak pada Sabtu (13/4) waktu setempat.

Antrean panjang terjadi pada TPS di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), New York. Antrean ini seiring dengan banyaknya pemilih di wilayah tersebut. Di New York dan sekitarnya, terdapat lebih dari 11.500 pemilih terdaftar.

Total pemilih terdaftar di AS diperkirakan mencapai 45.000 orang. Namun, tidak semuanya menyalurkan suara dengan mendatangi TPS. sebagian di antaranya memberikan suara lewat pos atau surat suara keliling.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement