Kuartal I 2019, Ekspor Makanan Minuman Olahan Diramal Tembus Rp 28 T

Image title
Oleh Ekarina
16 April 2019, 13:43
ekspor industri makanan minuman
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Presiden Direktur Mayora Group Andre Atmaja (kedua kanan) melihat langsung pengemasan produk Mayora di sela acara Pelepasan Kontainer Ekspor ke 250 ribu ke Filipina di Bitung, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019).

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) memperkirakan ekspor makanan minuman olahan (di luar CPO), pada kuartal I tahun ini bisa mencapai US$ 2 miliar atau setara Rp 28,1 triliun.  Jumlah itu  mencakup seperempat dari total target ekspor industri makanan minuman tahun ini yang mencapai US$ 8 miliar.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S Lukman mengatakan ekspor makanan minuman tahun  ini dinilai cukup ekspansif ke luar, terutama beberapa pasar baru yang terlihat sudah ada peningkatan. "Industri makanan mulai merintis ke Afrika, Filipina juga ada kenaikan," ujarnya di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (16/4).

Adhi mengatakan ekspor industri makanan minuman setiap tahun terus meningkat. Hanya saja, peningkatannya tak setinggi yang diharapkan. 

(Baca: Mayora Sepakat Beli Kelapa Filipina untuk Kurangi Hambatan Dagang)

Pada tahun lalu misalnya, dari target yang ditetapkan sebesar 10%, realisasinya hanya tumbuh sekitar 5%-6%. Dia menuturkan, hal itu dikarenakan ekpor industri banyak menemui hambatan ekspor di beberapa negara tujuan, seperti safeguard, standar label. 

Selain itu, ketidakpastian global  juga turut menyebabkan banyak negara menerapkan sikap proteksionisme dagang, tak terkecuali negara-negara di kawasan ASEAN. Misalnya saja Filipina, yang  beberapa waktu lalu menerapkan special safeguard (SSG) untuk produk kopi instan asal Indonesia, 

Namun demikian, untuk kasus penerapan SSG di Filipina menurutnya akan segera rampung. Ini seiring dengan adanya komitmen investasi dari produsen kopi tersebut ditambah dengan komitmen pembelian produk hortikultura. "Bolanya sekarang ada di Filipina. Secara verbal SSGnya sudah disanggupi, mudah-mudahan bisa dibuka," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...