Hasil Hitung Cepat Sementara Memenangkan Jokowi, Pasar Respons Positif

Muchamad Nafi
17 April 2019, 17:55
hasil hitung cepat, jokowi, pasar modal, pilpres 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (dua dari kanan) secara resmi melakukan penutupan perdagangan pasar modal seiring berakhirnya 2018 di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan (28/12). Penutupan tersebut dihadiri Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua OJK Wimboh Santoso, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Wakil Ketua DK OJK Nurhaida dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi.

Hingga pukul 17.00 WIB, sejumlah lembaga survei menyiarkan hasil hitung cepat atau quick count pemilihan presiden (pilpres 2019) yang menempatkan Joko Widod-Ma’ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jumlah suara yang masuk di atas 60 persen. Melihat perolehan tersebut, pelaku pasar memberi respons positif.

Bahana TCW Investment Management menilai hasil hitung cepat ini akan diapresiasi pelaku pasar modal. “Hasil quick count itu menambah momentum positif bagi investor di pasar modal,” kata Direktur Strategi Investasi dan Kepala Makroekonomi Bahana TCW Investment Management, Budi Hikmat, ketika dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (17/4).

(Baca: Exit Poll LSI Denny JA: Jokowi Unggul 12% atas Prabowo)

Menurut dia, hasil hitung cepat yang sesuai ekspektasi pasar akan memudahkan investor mengkalkulasi dan menentukan pilihan investasi. Namun, lanjut dia, bukan berarti jika Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang unggul dalam hitung cepat akan berpengaruh negatif bagi pasar saham.

Hanya saja, kalau pasangan Prabowo yang unggul arah pergerakan saham akan lebih sulit ditebak. “Investor akan meraba-raba lagi arah kebijakan ekonomi dari pasangan itu,” katanya.

Selain arah pergerakan saham yang diproyeksikan positif, Budi Hikmat mengatakan pasar surat utang (obligasi) di dalam negeri juga terkena imbasnya. “Sikap dovish the Fed terhadap suku bunga acuannya menjadi faktor positif bagi obligasi kita,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...