Disuntik Modal Pendiri Tencent, Fintech Asal Singapura Masuk Indonesia

Desy Setyowati
18 April 2019, 13:41
Disuntik Modal Pendiri Tencent, Koku Fintech Asal Singapura Masuk RI
Koku
Para pimpinan Koku

Perusahaan teknologi keuangan (fintech) asal Singapura, Koku, mengumumkan perolehan pendanaan pra-Seri A US$ 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar. Rencananya, tambahan modal itu dipakai untuk ekspansi bisnis ke negara lain, salah satunya ke Indonesia.

Pendanaan ini dipimpin oleh Co-founder Tencent Holdings Jason Zeng, serta pendiri Decent Capital. Decent Capital merupakan perusahaan angel investment asal Tiongkok. Sementara Koku merupakan fintech di bidang solusi teknologi penukaran mata uang atau valuta asing (valas).

Pendiri sekaligus CEO Koku Calvin Goh mengatakan pendanaan ini akan mempercepat pengembangan produk dan ekspansi regional ke pasar-pasar baru di Asia Tenggara. “Kami yakin Koku berada pada posisi yang tepat untuk mengembangkan penawaran lebih lanjut dan berekspansi ke pasar lainnya,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (18/4).

(Baca: Startup Emasdigi Tawarkan Investasi Emas dan Valas)

Layanan yang ditawarkan di antaranya FX TechUP Suite, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pembelajaran mesin (machine learning). Tambahan modal ini digunakan untuk memaksimalkan peran teknologi bagi layanan pengiriman uang non-bank dan penyedia likuiditas. Koku menargetkan jumlah karyawan tumbuh 30 persen dalam enam bulan. Volume transaksi ditarget naik dari US$ 10 juta menjadi US$ 30 juta per hari.

(Baca: Dana Asing Deras, Net Kewajiban Investasi Indonesia Naik US$ 15,6 M)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...