Sempat Melesat Hingga 6.636, IHSG Ditutup Menguat Terbatas 0,4%

Image title
18 April 2019, 18:58
Presiden Joko Widodo meninggalkan Gedung Bursa Efek Indonesia usai menutup perdagangan saham di Jakarta, Jumat (29/12).
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo meninggalkan Gedung Bursa Efek Indonesia usai menutup perdagangan saham di Jakarta, Jumat (29/12).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada level 6.507,22 pada penutupan perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Kamis (18/4) menguat 0,40% dibandingkan posisi penutupan Selasa (16/4) yang berada di level 6.481,5. Positifnya laju IHSG ini, diikuti oleh aksi investor asing yang melakukan beli bersih di pasar modal senilai Rp 1,43 triliun.

Penguatan IHSG pada penutupan perdagangan hari ini sebenarnya sedikit lebih rendah dari pada saat pembukaan perdagangan, di mana IHSG menguat hingga 1,3% pada level 6.568,85. Bahkan IHSG sempat menembus level 6.636,3. Sejumlah analis pasar modal menilai euforia gelaran Pilpres 2019 dan Pemilu menjadi sentimen yang menggerakkan IHSG pada pembukaan perdagangan ke arah yang positif.

Namun, laju IHSG yang melonjak tersebut tidak bertahan lama karena selang 15 menit kemudian, laju IHSG turun meski masih berada di zona hijau. Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi dalam risetnya mengatakan, hal itu karena sentimen panik beli di saat uforia kemenangan quick count calon presiden petahana menjadi faktor di awal sesi perdagangan.

Menurutnya, saham-saham yang identik dengan proyek-proyek infrastruktur dan pembiayaan pemerintah menjadi primadona di awal sesi perdagangan. "Meskipun akhirnya investor melakukan penjualan di harga terbaik," katanya mengutip dari risetnya Kamis (18/4).

(Baca: Jokowi Unggul di Hitung Cepat, Saham BUMN Karya Menghijau)

Beradasarkan indeks sektoral, penopang laju IHSG hari ini disokong oleh sektor keuangan yang menguat 1,57%. Selain itu, sektor properti dan infrastruktur juga bergerak positif di mana masing-masing mengalami kenaikan 1,37% dan 0,81%.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...